Image

Salip Ford, Volkswagen Bikin Gebrakan Besar di Van T6, Apa Saja?

Zahra Muhamad Afra, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 15 1814020 salip-ford-volkswagen-bikin-gebrakan-besar-di-van-t6-apa-saja-I2ygazEepo.jpg Foto : CommercialFleet

BERLIN – Volkswagen, perusahaan asal Jerman sudah menduduki peringkat kedua setelah Ford. Untuk naik ke peringkat berikutnya, Insinyur Volkswagen sedang melakukan beberapa perubahan pada van seri T5 ke T6.

Adapun perubahan yang diberikan adalah, pada bagian mesin 2,0 liter tunggal dengan bahan bakar berjenis Euro 5 dengan output daya 84bhp, 102bhp, 140bhp, dan 180bhp. Sementara untuk varian Euro 6 diberikan output daya 102bhp. Mesin ini juga menawarkan penghematan bahan bakar 15% lebih baik. Volkswagen juga membawa kembali versi bensinnya yang berarti T6 akan menjadi satu-satunya panel van yang akan dijual. Tenaga yang ditawarkan adalah unit 2.0 liter dan memiliki output daya 150bhp dan 204bhp. Pada mesin Euro 6 menggunakan bahan bakar gabungan hingga 47.9mpg.

Untuk pengemudi ada beberapa perubahan terbaru, dasbor menjadi lebih terkini daripada di seri T5 yang sederhana. Stopkontak 12volt hadir di atas dasbor. Ada seperangkat fitur keselamatan yang baru, termasuk kontrol cruise adaptif (mesin Euro 6), pemindai samping untuk membantu mencegah gesekan samping. Pengereman post collision otomatis yang membantu mencegah benturan sekunder, sistem peringatan pengemudi, yang memberi sinyal visual dan audio jika menurutnya pengemudi perlu istirahat, bantuan rem yang menambahkan tekanan rem ekstra jika diperlukan dalam keadaan darurat, dan bantuan untuk berjalan menanjak.

Sedangkan eksterior tidak ada perubahan, karena Volkswagen yakin pengguna lebih membutuhkan pembaruan sektor mesin dibandingkan dengan penampilan. Di samping itu, aspek van telah banyak diperbaiki seperti diberikannya mesin baru, kabin yang didesain ulang sepenuhnya, tumpangan yang lebih baik, dan keseluruhan fitur keselamatan baru. Tiga tingkat spek yang akan tersedia seperti, Startline, Trendline dan Highline. Semua mendapatkan konektivitas Bluetooth, radio digital, layar sentuh lima inci, CD player dan port USB.

Setelah diuji coba model Euro 6 102bhp dan Euro 5 140bhp, keduanya mampu menempuh jalan raya dan jalan yang berkelok-kelok dengan efisiensi tenang. Model Euro 6 102bhp menawarkan banyak kekuatan untuk tujuan armada, bahkan di perbukitan, dan diharapkan menjadi penjualan terbesar. Demikian dikutip dari CommercialFleet, Selasa (14/11/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini