Image

Warganya Diduga Hina Nabi Muhammad, Sebuah Desa di Bangladesh Dibakar Massa

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 18 1813835 warganya-diduga-hina-nabi-muhammad-sebuah-desa-di-bangladesh-dibakar-massa-Jpyp9DDG6g.jpg Foto: Reuters

DHAKA – Massa berjumlah ribuan orang membakar sebuah desa yang dihuni warga Hindu di Bangladesh setelah sebuah rumor menyebar daerah sekitar bahwa salah seorang warga desa menghina Nabi Muhammad SAW di Facebook. Polisi terpaksa melakukan intervensi untuk menghadang massa yang marah.

Dhaka Tribune melaporkan, sekira 20 ribu orang mulai berkumpul di sekitar lokasi kejadian setelah polisi menerima keluhan yang mengklaim bahwa seorang warga desa beragama Hindu telah menghina Nabi Muhammad SAW di Facebook beberapa hari yang lalu. Menyusul kejadian tersebut, setidaknya 30 rumah milik warga Hindu di Desa Thakurpara yang berjarak 300 kilometer dari Ibu Kota Dhaka dibakar.      

Enam orang dilaporkan menderita luka-luka saat terjadi bentrokan antara polisi dan massa berakhir rusuh. Polisi terpaksa menggunakan peluru karet dan gas air mata untuk membubarkan massa. Salah seorang pemuda meninggal akibat luka-luka yang dialaminya setelah sempat dilarikan ke rumah sakit.

Diwartakan RT, Selasa (14/11/2017), setelah kejadian itu barulah diketahui bahwa warga yang diduga menghina Nabi Muhammad tersebut sudah tidak lagi tinggal di Desa Thakurpara lagi dan telah pindah ke desa lain. Pihak berwenang Bangladesh memberikan jaminan kepada warga desa bahwa akan ada kompensasi yang akan dibayarkan kepada para korban yang terkena dampak penyerangan tersebut untuk membangun kembali rumah mereka dan akan ada pengawalan yang diberikan terhadap penduduk.

Bangladesh merupakan negara berpenduduk Muslim ketiga terbanyak di dunia setelah Indonesia dan Pakistan. Dari sekira 163 juta warga Bangladesh, 80 persennya memeluk agama Islam dan hanya 12 persen yang beragama Hindu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini