Image

OKEZONE STORY: Kalahkan Mafia Terkenal, Agen FBI Ini Justru Tewas Kecanduan Alkohol

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 08:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 14 18 1813952 okezone-story-kalahkan-mafia-terkenal-agen-fbi-ini-justru-tewas-kecanduan-alkohol-qW2Bh78XtW.jpg Agen FBI, Eliot Ness dan mafia Al Capone. (Foto: The Vintage News)

PADA abad ke-19, sebuah kejahatan terorganisasi terjadi di Chicago, Amerika Serikat (AS). Seorang pria bernama Al Capone berhasil menjadi gangster paling tenar di Negeri Paman Sam pada masa itu. Ia pun dikenal sebagai Public Enemy Number One (musuh masyarakat nomor satu).

Al Capone saat itu menjalankan bisnis gelapnya berupa perjudian, pelacuran, pembajakan, penyuapan, perdagangan narkotika, perampokan dan pembunuhan. Ia diketahui menyuap atau menyogok polisi, politisi, dan hakim, yang membuatnya memiliki posisi yang kebal hukum.

Tetapi dari sekian petugas berwenang yang disuap Al Capone, ada satu sosok yang menolak menerima suap dengan dalam bentuk apa pun. Sosok yang kemudian mengakhiri kerajaan bisnis gelap Al Capone di Chicago itu adalah seorang agen FBI bernama Eliot Ness. Mengawali kariernya sebagai agen federal yang biasa-biasa saja, nama Ness kian cemerlang hingga ia menjadi salah satu agen federal terkenal di AS.

Penggerebekan pabrik bir milik mafia Al Capone. (Foto: The Vintage News)

Mitra kerjanya menggambarkan Ness sebagai "seorang supervisor tim agen biasa yang melakukan hal yang luar biasa." Menjatuhkan seorang penjahat yang paling kuat di AS pada saat itu terdengar seperti sebuah pekerjaan yang mustahil. Namun, Ness yang masih muda saat itu tanpa ragu melangkah maju dan dengan berani mempertaruhkan nyawanya serta rekan-rekannya.

Ness dan timnya memulai langkah besar ini dengan melakukan penggerebekan pabrik bir milik Capone. Pabrik tersebut menjadi sumber impor bir ilegal ke Kanada dan negara-negara lain. Ribuan orang yang bekerja di pabrik itu dikabarkan merasakan penderitaan dan depresi besar karena dipekerjakan dengan tidak layak oleh sang mafia.

Penggerebekan yang dilakukan Ness dan timnya sukses besar dan berhasil menghancurkan pabrik itu. Dalam waktu singkat, mereka mendapatkan reputasi sebagai penegak hukum yang tidak kenal takut dan tidak korup. Ness dan timnya juga memiliki tekad kuat untuk membongkar seluruh kejahatan Al Capone.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini