Image

Astaga! Kebakaran Hancurkan Mural Berusia 2.000 Tahun di Peru

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 18 1813967 astaga-kebakaran-hancurkan-mural-berusia-2-000-tahun-di-peru-lpXvXGsNFC.jpg Kuil Ventarron di Lambayeque, Peru ditemukan pada 2007. (Foto: Reuters)

LIMA – Kebakaran menghancurkan mural berusia 2.000 tahun dan banyak sisa dari sebuah situs bersejarah di utara Peru. Situs bersejarah yang dikenal dengan nama Kuil Ventarron diketahui berusia 4.500 tahun dan dipercaya sebagai kuil tertua di Amerika Tengah.

"Saya telah menerima kabar menyedihkan dan tragis tentang kebakaran yang telah menghancurkan monumen arkeologi Ventarron," kata Direktur Museum Tumbas Reales de Sipan, Walter Alva sebagaimana dilansir dari Channel News Asia, Selasa (14/11/2017).

Dari gambar yang ditampilkan televisi, kebakaran tersebut telah merusak mural kuno serta wadah tembikar dan catatan dari Ventarron Archaeological Comoplex di Pomalca, di wilayah Lambayeque. Kebakaran itu dipicu oleh pekerja dari perusahaan agrobisnis Pomalca yang menyalakan api di ladang tebu.

"Kami kehilangan monumen luar biasa yang unik untuk generasinya. Saya harap ada penyelidikan dan ada orang yang ditetapkan bertanggung jawab," " kata Alva yang menemukan situs tersebut pada 2007.

"Saya hanya bisa mengungkapkan kemarahan dan kesedihan atas kehilangan yang tidak dapat diperbaiki ini."

Petugas pemadam kebakaran mengatakan bahwa api 85 persen api telah dapat dikendalikan. Jaksa penuntut telah pergi ke lokasi tersebut untuk menilai tanggung jawab administrator Pomalca.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini