Image

Polri Duga 2 Pembakar Mapolres Dharmasraya Anggota JAD

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 14:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 337 1813779 polri-duga-2-pembakar-mapolres-dharmasraya-anggota-jad-RlRG9J8Yo5.jpg Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mabes Polri menduga dua pelaku teroris EFA (24) dan ES (25), yang membakar Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat berafiliasi dengan kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto memaparkan, dugaan itu muncul dari ditemukannya sejumlah barang bukti yang ada di dua tubuh pelaku. Polisi sendiri telah menembak mati kedua terduga pelaku itu sendiri.

"Kalau dari barbuk (barang bukti-red) yang ada di badan ada afiliasi ke JAD. Dua-duanya JAD," kata Setyo saat ditemui di salah satu restoran di Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

Setyo mengungkapkan, teror dari kelompok teroris yang langsung menyerang markas kepolisian adalah modus yang terbilang baru. Namun, kata dia, teror tersebut bukanlah hal yang pertama kali. 

(Baca Juga: Terungkap! Salah Satu Pembakar Mapolres Dharmasraya Anak Perwira Polri)

Menurutnya, teror penyerangan kantor polisi juga sempat terjadi di Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu. Tetapi, berhasil digagalkan sebelum melancarkan aksinya.

"Ini merupakan modus baru yang sebetulnya sudah bukan baru lagi dengan menyerang kantor polisi beberapa tahun lalu pernah seseorang masuk Polda Metro Jaya dengam bawa bom tapi bisa diantisipasi dengan taksi kan waktu itu," paparnya.

Sebetulnya, diakui Setyo, pihaknya telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam menjaga keamanan dari markas kepolisian. Sebab itu, jajaran Propam Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat tengah melakukan penyelidikan adanya dugaan kelalaian yang dilakukan oleh petugas.

"Jadi, Polri sudah punya SOP bagaimana amankan markas, kantor, personel dan kegiatan Polri di lapangan," ucap Setyo.

Pembakaran Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat di Jalan Sumatera sendiri terjadi pada Minggu 12 November 2017 dini hari. Akibat kejadian itu, seluruh bangunan ludes terbakar.

(Baca Juga: Jenazah 2 Terduga Teroris Pelaku Pembakaran Polres Dharmasraya Sumbar Dibawa ke RS Bhayangkara)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini