Image

Sebelum Terobos Istana Negara, Basulfi Ingin Pulang Kampung ke Banyumas

Muhammad Iqbal, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 20:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 338 1814076 sebelum-terobos-istana-negara-basufi-ingin-pulang-kampung-ke-banyumas-ypOC3iPcen.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo (foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, penerobos Istana Negara, Basulfi Tarsiwan (39) diketahui hendak pulang ke kampung halaman di Banyumas, Jawa Tengah.

Basulfi dari Tangerang ingin ke Banyumas, namun sampainya di Jakarta Basulfi menghilang hingga akhirnya ditemukan di Istana Negara. Menurut Argo, fakta ini didapat dari pengakuan kakak pelaku saat dihubungi polisi.

"Jadi saya sampaikan bahwa dari keterangan pelaku dan kemudian juga kita sudah bisa hubungi kakak pelaku, dari Tangerang ia akan pulang ke Banyumas dengan kakaknya. Tapi sampai di Jakarta, pelaku menghilang dan kakaknya tidak bisa mencari adiknya ini," kata Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (14/11/2017).

(Baca juga: Terungkap! Pria yang Mengaku Anggota ISIS & Hendak Terobos Istana Pernah Dipasung Keluarganya)

Dirinya menambahkan, saat dicari kemana-mana oleh sang kakak tapi tidak ditemukan juga, yang bersangkutan ternyata berada di Istana Negara. Di sana dia berupaya ingin masuk ke Istana untuk bertemu Presiden Joko Widodo namun tidak diizinkan petugas karena gerak-geriknya mencurigakan ditambah prosedur yang ia tempuh untuk menemui Jokowi juga tidak sesuai. Sehingga akhirnya diamankan Pasukan Pengamanan Presiden (Pasmpampres).

"Ya tentunya untuk bertemu pimpinan negara sebagai lambang negara kita, simbol negara kita kan harus ada prosedur yang harus dilalui. Dia langsung masuk pintu dua, akhirnya diamankan Paspampres dan diserahkan ke Polsek Gambir," sambungnya.

 (Baca juga: Saat Diamankan Paspampres Istana, Basulfi Sempat Lakukan Penyerangan)

Kakak pelaku pun, lanjut Argo membenarkan kalau adiknya itu punya rekam jejak pernah dirawat di rumah sakit jiwa di daerah Banyumas, Jawa Tengah pada tahun 2016 silam.

"Yang bersangkutan pernah berobat di RSJ di Banyumas selama 3 bulan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini