Image

Kampung Produktif di Cirebon, Mengembangkan Dunia Usaha untuk Tekan Angka Pengangguran

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 07:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 525 1814119 kampung-produktif-di-cirebon-mengembangkan-dunia-usaha-untuk-tekan-angka-pengangguran-jjKYw7fEOe.jpg Salah satu sentra kerajinan di Cirebon, Jawa Barat (FOTO: Ilustrasi/Okezone)

CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berupaya mengurangi pengangguran dengan mencanangkan kampung produktif. Saat ini, sudah ada empat yang diresmikan.

"Ini upaya kami untuk mengurangi pengangguran dengan mendirikan kampung produktif," kata Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, Selasa saat meresmikan kampung produktif di Desa Ciwaringin Cirebon.

Sunjaya mengatakan kampung produktif ini mempunyai ciri khas sendiri-sendiri, dimana satu dengan lainnya tidak sama, seperti di Desa Ciwaringin ini, masyarakatnya merupakan perajin batik tulis pewarna alami.

Selain itu juga ada perajin kripik emping dan itu pun juga mempunyai khas, tidak sama dengan desa lain di Cirebon.

Sunjaya mengatakan dari tahun 2016 mulai pencanangan kampung produktif, sekarang sudah ada empat yang berdiri dan diharapkan terus berkembang pada tahun-tahun berikutnya.

"Sampai saat ini ada empat kampung produktif ini dimulai dari tahun 2016 lalu," tuturnya.

"Tahun depan kita dirikan dua lagi dan minimal dalam satu tahun ada dua kampung produktif," lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cirebon, Abdullah Subandi mengatakan empat kampung produktif saat ini ada di Tegalwangi, Tengahtani, Ciwaringin dan Waled, keempatnya mempunyai kerajinan masing-masing.

"Di kampung produktif ini, kita latih mereka cara pengemasan, pemasaran dan bantuan modal, agar usaha yang sudah ada semakin menggeliat," katanya.

(ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini