Image

Keren! Tongkat Pintar Karya Mahasiswa Ini Raih Juara Kompetisi Desain Asia Pasifik

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 65 1813752 keren-tongkat-pintar-karya-mahasiswa-ini-raih-juara-kompetisi-desain-asia-pasifik-6EOcZCa7Q2.jpg Foto: Dok. UB

JAKARTA - Tongkat pintar Tim Brawijaya 1 Universitas Brawijaya (UB) berhasil menjuarai Kompetisi Desain Asia Pasifik 8 Hours Students Asia Pacific Design Challenge (APDeC) 2017, baru-baru ini.

Hanya dalam waktu 8 jam saja, tim yang digawangi oleh Roby Kurniawan, Fachrezy Pangestu Widi, dan Destantri Anggun Rizky ini berhasil menciptakan Can Helper (Cane and Cap Helper for Blind People) berupa tongkat dan topi pintar yang sesuai dengan kebutuhan penyandang tuna netra.

Perangkat ini didesain dengan sensor pendeteksi objek sejauh radius 2 meter yang menghasilkan getaran. Tidak hanya itu, tongkat pintar ini juga dirancang agar bisa dilipat seperti tripod serta terbuat dari material yang kuat.

“Semua itu kita sesuaikan dengan kebutuhan user-nya,” kata Roby, dilansir dari laman UB Rabu (15/11/2017).

Bukan hanya tongkat, topi pintar juga diciptakan untuk melengkapi fungsi Can Helper. Namun, tidak seperti tongkat, sensor topi pintar dikhususkan untuk membantu mobilisasi para penyandang tuna netra dan mencegah mereka menabrak objek di sekitar kepala.

Untuk menciptakan Can Helper, Roby dan anggota timnya melakukan observasi dan wawancara langsung terhadap calon pengguna dengan keterbatasan fisik. 

“Jadi kita benar-benar menggali informasi secara mendalam, alat yang dibutuhkan user itu seperti apa,” jelasnya.

Can Helper menyabet gelar juara setelah mampu memenuhi kriteria dan mengalahkan 19 tim dengan 2 di antaranya merupakan peserta luar negeri. Ketua Pelaksana APDeC 2017, Paulina Kus Ariningsih berharap inovasi karya mahasiswa ini dapat dipergunakan mereka yang membutuhkan.

“Bagaimana membuat desain atau aplikasi yang menarik namun bisa dipakai oleh mereka (pengguna berkebutuhan khusus),” tutupnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini