Image

Zimbabwe Memanas, Kedubes AS Minta Warganya Berlindung

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 09:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 18 1814299 zimbabwe-memanas-kedubes-as-minta-warganya-berlindung-IwZkcCzTzM.jpg Foto: Reuters

HARARE – Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Zimbabwe meminta warganya untuk berlindung di tempat mereka di tengah situasi politik yang memanas dan kemunculan militer di Ibu Kota Harare.

Dalam pernyataan yang dikutip Associated Press, Rabu (15/11/2017), Kedubes AS menyebut adanya ketidakstabilan politik di Zimbabwe yang terjadi sepanjang malam dan menyatakan akan menutup layanannya pada Rabu.

BACA JUGA: Tentara Ambil Alih Stasiun Penyiaran, Zimbabwe di Ambang Kudeta?

Setidaknya tiga ledakan terdengar di pusat Kota Harare pada Rabu, sementara tentara dan mobil lapis baja terlihat berkeliaran di jalanan. Berbagai laporan media menyebutkan tentara Zimbabwe telah mengambil alih stasiun siaran milik pemerintah.     

Pemerintah Zimbabwe melalui pernyataan resminya membantah laporan yang menyebutkan telah terjadi kudeta di Harare. Duta Besar Zimbabwe untuk Afrika Selatan, Ishak Moyo menyebut isu kudeta tersebut merupakan klaim media sosial belaka dan sampai saat ini Pemerintah Zimbabwe masih berdiri.

Zimbabwe berada dalam keadaan siaga sejak Senin, 13 November setelah Chiwenga yang memimpin Pasukan Pertahanan Zimbabwe menyatakan bahwa dia siap untuk turun tangan untuk menghentikan pembersihan yang dilakukan pemerintah terhadap para pendukung Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa yang dipecat pekan lalu.

BACA JUGA: Dinilai Tidak Loyal, Wakil Presiden Zimbabwe Dipecat

Mnangagwa yang sebelumnya difavoritkan untuk menggantikan Presiden Mugabe yang telah berusia lanjut didepak karena dinilai tidak loyal demi memuluskan jalan bagi istri Mugabe, Grace Mugabe untuk menjadi pengganti suaminya.

Ini adalah pertama kalinya Zimbabwe mengalami perselisihan terbuka antara militer dengan Presiden Robert Mugabe sejak pria berusia 93 tahun itu menjabat pada 1980.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini