Image

Sepekan Setelah Kunjungan Trump, Presiden China Kirim Utusan Khusus ke Korut

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 12:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 18 1814370 sepekan-setelah-kunjungan-trump-presiden-china-kirim-utusan-khusus-ke-korut-7UpQhbgXhK.jpg Foto: Reuters

BEIJING – Seorang diplomat senior China akan mengunjungi Korea Utara (Korut) pekan ini sebagai utusan khusus dari Presiden Xi Jinping. Kunjungan ini akan menjadi kali pertama utusan khusus dari China datang ke Korut sejak Februari tahun lalu.

BACA JUGA: Di Tengah Ketegangan Terkait Korut, Presiden Trump Injakkan Kaki untuk Pertama Kalinya di China

Melalui sebuah berita singkat, Kantor Berita Xinhua menyebutkan bahwa Pimpinan Departemen Hubungan Eksternal Partai Komunis China, Song Tao akan bertolak ke Korut pada Jumat, 17 November. Song diwartakan akan mengabarkan mengenai Kongres Nasional ke-19 Partai Komunis China dan mengunjungi Korut.

Kantor Berita Korut, KCNA mengonfirmasi rencana kunjungan tersebut, tetapi hanya menyebutkan bahwa kunjungan itu akan segera terjadi.

Diwartakan Reuters, Rabu (15/11/2017), kunjungan Song hanya akan berselang sepekan setelah lawatan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke Beijing sebagai bagian dari tur Asianya. Kedatangan Trump ke China  bertujuan menekan Beijing untuk menerapkan tindakan yang lebih keras terhadap Korut.  

BACA JUGA: Mantap! Media China Puji Pertemuan Trump dengan Xi Jinping

Tidak diketahui berapa lama Song akan berada di Korut, namun sebelum bertolak ke Pyongyang, dia telah terlebih dahulu mengunjungi Laos dan Vietnam untuk menginformasikan hasil Kongres Nasional ke-19 Partai Komunis China. Lawatan itu merupakan semacam tata krama di antara negara-negara komunis.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini