Image

Buka Kongres GMNI, Jokowi Ceritakan soal Penetapan Libur 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila

Subhan Sabu, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 13:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 337 1814402 buka-kongres-gmni-jokowi-ceritakan-soal-penetapan-libur-1-juni-sebagai-hari-lahir-pancasila-3MUP5Z0eti.jpg Presiden Jokowi saat membuka Kongres GNMI (Subhan/Okezone)

MANADO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan soal kebijakannya menetapkan libur 1 Juni untuk memperingati Hari Lahir Pancasila saat membuka Kongres ke XX Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Manado, Sulawesi Utara.

Penetapan hari libur nasional pada 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, kata Jokowi, saat itu banyak yang ragu karena khawatir menimbulkan polemik.

"Saya sampaikan ini sejarah yang harus kita putuskan, jangan ragu, saat itu saya sampaikan tetapkan itu sebagai hari libur dan diperingati, ini levelnya paling tinggi," ujar Jokowi saat membuka kongres, Rabu (15/11/2017).

Menurut Jokowi penetapan hari libur itu merupakan hal yang fundamental dan sangat mendasar sekali mengingat Pancasila sebagai ideologi negara, sehingga tak perlu ragu. “Tapi setelah diputuskan ya enggak ada apa-apa, dari dulu enggak berani diputuskan," jelas Jokowi

Jokowi datang di Manado untuk membuka Kongres ke XX Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia. Jokowi tiba di Manado sekira pukul 00.30 Wita dini hari setelah menghadiri KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina.

Turut serta bersama rombongan Presiden menghadiri Kongres GMNI ke XX, Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono, Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anum, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini