Image

Di Hadapan Sejumlah Pemred, Gubernur Lemhanas Singgung Pentingnya Menyaring Berita

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 13:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 337 1814420 hadapan-sejumlah-pemred-gubernur-lemhanas-singgung-pentingnya-menyaring-berita-Z9q66WLEJt.jpg Diskusi di Lemhanas. Foto: M Rizky/Okezone

JAKARTA - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia menggelar diskusi dalam kemasan Coffe Morning dengan mengundang sejumlah pemimpin redaksi (pemred) media massa.

Diskusi yang bertajuk "Peran Lemhanas RI dalam Penguatan Pendidikan Karakter Guna Memperkuat Ketahanan Nasional" dilaksanakan di Kantor Lemhanas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

Gubernur Lemhanas Agus Widjojo mengatakan, ketahan nasional memberikan suatu rumusan ilmu yang tak berdiri sendiri, melainkan dari beberapa hal yang kemudian membentuk ketahanan nasional. "Ketahanan itu dari semua unsur, yakni ketahanan ideologi, keuangan, politik, dan lainnya," kata Agus.

Agus juga mengatakan ada sejumlah aspek dalam mengantisipasi radikalisasi yang masuk melalui teknologi. Di antaranya meningkatkan kemampuan teknis tentang IT, dan secara umum pada publik dan khususnya para stakeholder.

Berikutnya ia menyinggung distribusi berita hoax yang bisa memecah persatuan. Menurutnya perlu penegakan hukum untuk menjamin berita yang baik untuk publik.

“Penegakan hukum yang kuat untuk menyaring berita yang baik dan perlu untuk masyarakat," ucap Agus.

Sehingga aparat penegak hukum bisa menindak berita yang memungkinkan memecah belah masyarakat.

“Dan masyarakat bisa memilah berita bohong atau berita baik, dan kalau sudah tahu, jangan diberlakukan lagi,” paparnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini