Image

Keluarga Anggota Brimob yang Gugur Ditembak KKB Diberikan Santunan Rp400 Juta

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 18:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 337 1814653 keluarga-anggota-brimob-yang-gugur-ditembak-kkb-diberikan-santunan-rp400-juta-nmx8Jj72Cf.jpg Ka Biro Watpers SSDM Polri Brigjend Eky saat beri keterangan ke awak media (Foto: Putera/Okezone)

JAKARTA - Dua personel Brimob Polri, Brigadir Firman dan Bripka Yongky Rumte ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua saat berpatroli zona Tembagapura di Mile 69. Satu diantaranya yakni, Brigadir Firman dinyatakan gugur karena menderita luka tembak di bagian punggung.

Kepala Biro Watpers SSDM Polri Brigadir Jenderal Eky Hari Festyanto mengungkapkan, Brigadir Firman yang gugur dalam bertugas akan diberikan santunan risiko kematian sebesar Rp400 juta.

Eky menuturkan, uang santunan terhadap anggota kepolisian yang tewas telah diatur sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 102 tahun 2015 tentang asuransi sosial prajurit TNI, anggota Polri dan pegawai aparatur sipil negara.

"Asuransi sosial berupa santunan risiko kematian Rp400 juta," kata Eky saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017).

 (Baca: Satu Anggota Brimob yang Tewas oleh KKB Papua Tertembak di Punggung)

Tak hanya itu, Firman akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa Anumerta. Firman sendiri akan diangkat menjadi Bripka Anumerta, sebelumnya Brigadir.

Selain santunan risiko kematian dan kenaikan pangkat, kepolisian juga akan memberikan beasiswa untuk satu anak pria yang dimiliki Firman. Kemudian, bentuk santunan lainnya yang akan diberikan negara.

"Beasiswa bagi satu putra Rp30 juta, nilai tunai pensiun dan gaji terusan selama satu tahun. Bentuk sosial lain, pemberian negara sesuai kemampuan negara," jelas Eky.

Kemudian, Bripka Yongky Rumte yang mengalami luka tembak di bagian punggungnya akan ditanggung biaya perawatannya dari program BPJS.

 (Baca juga: Jenderal Tito Rahasiakan Strategi Penanganan KKB di Papua, Ini Alasannya)

"Yongki diberikan pelayanan BPJS, perawatan RS yang pengelolannya melalui Pubdokes di RS Tembagapura,” ujar Eky.

Selain itu, Yongky juga akan menerima santunan cacat berdasarkan dengan pangkat yang dijabatnya. Namun, Eky tak merinci angka santunan tersebut.

"Seluruh proses ini sudah diberikan langsung. Jumat akan diberikan ke keluarga maupun kesatuan yang langsung meng-handle pelaksanaannya di Papua. Berkaitan anumerta hanya yang gugur," tutup Eky.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini