Image

2 Tersangka Pembakaran Sekolah Kalteng Segera Bersidang di Jakarta

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 20:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 337 1814702 2-tersangka-pembakaran-sekolah-kalteng-segera-bersidang-di-jakarta-ZyxkPpKdVU.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Berkas dua tersangka dalam kasus kasus pembakaran tujuh Sekolah Dasar (SD) di Kalimantan Tengah (Kalteng) dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Dengan begitu, dua tersangka tersebut akan segera menjalani proses persidangan.

Kasubit I Bareskrim Polri, Kombes Daddy Hartadi mengungkapkan dua tersangka yang akan segera menjalani proses di meja hijau, yakni Suryansyah dan Fahri alias Ogut.

"Suryansah dan Ogut. Itu pelaku utama yang menyuruh melakukan itu," kata Daddy di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

 (Baca: Diduga Terlibat Pembakaran Sekolah di Kalteng, 2 Pelaku Kembali Ditangkap Polisi)

Daddy menuturkan pihaknya telah melakukan pelimpahan tahap II, yaitu memberikan tersangka dan barang bukti ke pihak penuntut umum. Kedua tersangka itu akan disidang di Jakarta. "Ke Pengadilan Jakarta kan," ujar dia.

Sejauh ini polisi telah menangkap 11 orang dalam kasus ini, ET, H, Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Yansen Binti, Ahmad Ghozali alias Nora, Suryansyah, Indra Gunawan, Yosef Dadu, Sayuti, Fahri alias Ogut, Sthepano alias Agit, dan Yosef Duya.

Motif pembakaran sekolah ini sendiri diketahui, lantaran mencari perhatian Gubernur Kalteng. Tujuannya, agar mendapatkan sejumlah proyek, yang 'diincar' Yansen Binti (YB) dan pelaku lainnya.

Bahkan, para pelaku ini sebelum melakukan aksinya, sempat melakukan ritual dengan tujuan untuk mendapatkan keberanian dalam melakukan aksinya. Lalu, jika tertangkap polisi, para pelaku tidak akan mengakui perbuatannya tersebut.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini