Image

Sandiaga Pastikan Akan 'Sikat' PNS yang Kongkalikong dengan PKL Tanah Abang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 19:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 15 338 1814663 sandiaga-pastikan-akan-sikat-pns-yang-kongkalikong-dengan-pkl-tanah-abang-zQHkCBvx0r.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Maraknya pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat diduga karena ada oknum yang secara sengaja menyewakan lapak. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun bakal mengambil tindakan tegas bila ada oknum PNS yang terlibat dalam aksi culas tersebut.

"Informasi itu sedang diklarifikasi oleh Pak Irwandi (Kepala Dinas UMKM). Tapi kami tidak mengutip sama sekali, Pemprov itu menata," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri CENS UI di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017).

(Baca Juga: Kesemrawutan Jakarta, Anies Sebut Gara-Gara Pembangunan yang Tak Terintegrasi)

Ia menambahkan, pihaknya sama sekali tak pernah menganjurkan kepada anak buahnya untuk meminta pungutan liar ke PKL. Bahkan, dirinya mengajak peran serta dari masyarakat bila benar ditemukan adanya oknum PNS yang melakukan pemerasan untuk melaporkan ke Balai Kota.

"Tentunya kami ada undang-undang tentang retribusi yang memang menjadi koridor bagi Pemprov dan bila ada pungutan di luar itu, menurut saya, kami harus sama-sama menertibkan itu. Kami juga minta kepada pedagang dan pengusaha mikro di sana, juga disiplin dan tidak mentolerir pungutan-pungutan liar," jelas Sandi.

Ia menambahkan, sudah memiliki konsep jangka panjang untuk membasmi keberadaan para PKL tersebut. Namun sayangnya, ia tak bisa menjelaskan lebih detail soal konsep tersebut untuk saat ini.

"Itu yang akan menjadi konsep penataan ke depannya karena kami ingin pejalan kaki dimuliakan dan PKL-PKL yang mencari nafkah diberikan ruang. Konsepnya holistik, nanti akan diumumkan Pak Gubernur karena kami fokus jangka panjang, jangka menengah dengan sky bridge dan komprehensif," tandasnya.

(Baca Juga: Tahun 2018, Pemprov DKI Pastikan Akan Naikkan Gaji Petugas PPSU)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini