Image

Banjir Menerjang, SAR Kerahkan Armada Evakuasi Ibu-Ibu dan Anak Sekolah

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 07:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 340 1814267 banjir-menerjang-sar-kerahkan-armada-evakuasi-ibu-ibu-dan-anak-sekolah-l0CV0a6LZD.jpg SAR mengevakuasi anak-anak dan kaum ibu yang terkena banjir. (Foto: Ade Putra/Okezone)

PONTIANAK – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mengalami banjir. Hal itu membuat aktivitas masyarakat tersendat. Terlebih lagi anak-anak sekolah harus bersusah payah menempuh jalan menuju sekolahnya.

Demi memberikan pertolongan, Kantor SAR Pontianak bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya, RAPI, dan Potensi SAR serta masyarakat membangun posko di kawasan terparah mengalami banjir. Salah satunya di Parit Tengkorak, Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, tak jauh dari kawasan Bandara Internasional Supadio Pontianak.

"Tinggi air di wilayah kerja kita bervariatif. Tapi SAR bersama BPBD membangun posko di Desa Teluk Kapuas, karena di sana genangan air di jalan mencapai 80 sentimeter, bahkan 1 meter," ucap Kepala SAR Pontianak Hery Marantika kepada Okezone, Selasa 14 November 2017 malam.

Posko tersebut, kata Hery, menjadi tempat untuk petugas standby bila ada masyarakat yang memerlukan bantuan. Tidak hanya warga di Desa Teluk Kapuas, namun juga untuk warga lainnya yang bisa cepat terjangkau. "Sejak Sabtu kemarin petugas sudah standby. Kita juga turunkan satu unit mobil, sepeda motor, dan perahu karet serta peralatan SAR air," paparnya.

Armada dan peralatan itu, jelas Hery, disiapkan untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir. "Kita menyiapkan kendaraan untuk warga yang mau keluar rumah, karena pantauan kita beberapa warga cukup kesulitan melewati genangan air, terutama ibu-ibu dan anak sekolah," ucapnya sambil mengungkapkan operasi dihentikan jika air benar-benar kering.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini