Image

Pilgub NTT, Esthon Janjikan Pupuk Subsidi untuk Petani Merata ke Semua Daerah

Adi Rianghepat, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 10:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 340 1814321 pilgub-ntt-esthon-janjikan-pupuk-subsidi-petani-merata-ke-semua-daerah-a31UhOmIyH.jpg Pasangan Esthon-Chris Rotok (foto: Adi Rianghepat/Okezone)

KUPANG - Bakal calon Gubernur Nusa Tenggara Timur usungan Partai Gerindra, PAN dan Perindo Esthon Foenay berjanji akan penuhi kebutuhan pupuk petani di seluruh daerah berbasis kepulauan ini untuk kepentingan peningkatan produktivitas pertanian masyarakat menuju sejahtera.

"Kami miliki database sentra pertanian dan daerah sektor yang bisa dikembangkan jadi pusat pertanian yang memiliki hak mendapatkan bantuan. Sehingga penyaluran bantuan pupuk bisa tepat sasaran," kata Esthon Foenay di Kupang, Rabu (15/11/2017).

Esthon mengatakan hal itu menjawab strategi pemerintahannya di lima tahun ke depan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di privinsi selaksa nusa itu berkaitan dengan subsisdi pupuk petani.

Menurut dia, bantuan pupuk berupa subsidi menjadi keniscayaan dilakukan pemerintah karena jenis itu sangat langkah dan sulit diperoleh petani. Dengan intervensi pemerintah, maka akan mudah diatur lalu lintas penyalurannya. "Apalagi kalau diurus pengusaha maka selain sulit diperoleh, harganya juga akan melambung dan sulit dijangkau petani," katanya.

Dengan pola subsisdi, para petani lebih mudah memeperoleh pupuk dengan harga terjangkau. Jika harga terjangkau maka akan memberi tambahan porduksi bagi peningkatan pertanian di saat panen nanti.

"Kan semuanya pasti dihitung termasuk proses produksi hingga panen dan menghasilkan satu hasil produksi. Kalau proses produksi bida ditekan maka hasil produksi akan memberi keuntungan bagi petani. Itulah yang kita sebut bisa mendorong kesejahteraan petani," katanya.

Selain subsidi pupuk, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2008-2013 itu mengaku akan juga memberi bantuan bibit dan benih sebagai bagian dari upaya keberlanjutan sektor pertanian di tengah masyarakat.

Bantuan binit dan benih akan dilakukan melalui sejumllah sentra penangkaram binit dan benih yang ada di setiap daerah sentra pertanian. Binit dan benih dimungkinkan diberikan gratis untuk kepentingan menekan proses produksi pertnian. "Jika pun harus dengan cara dijual maka akan sangat terjangkau harganya," kata Esthon.

Menurut dia, dengan bantuan bibit dan benih yang tersedia, maka petani tidak lagi dipusingkan dengan keberadaan dua item penting dalam sektor pertanian itu. Para petani tinggal menyediakan tenaganya dan lahannya untuk melakukan penanaman.

Terkait bantuan peralatan dan pembangunan infrastruktur pertanian berupa irigasi, Esthon menjamin semuanya akan dilakukan. "Hal-hal itu adalah hal wajib yang akan jadi perhatian utama pemerintah ke depan. Prinsipnya para petani hanya akan menyediakan lahannya dan bekerja," katanya.

Esthon meyakini, dengan majunya sektor pertanian tentu akan mendukung kemajuan masyarakat di sektor lainnya. "Kita harus terus dorong sektor ini demi mendukung propaganda dan program pemerintah pusat untuk meciptakan surplus pangan di negeri ini dan kita mulai dari NTT," kata Esthon.

Esthon Foenay adalah bakal calon gubernur yang oleh partai pengsung masing-masing koalisi Gerindra, PAN dan Perindo memaketkannya dengam calon wakil gubernur Chris Rotok.

Pasangan bekas birokrat ini telah resmi nyatakan maju bertarung untuk mensejahterakan masyarakat di provinsi seribu pulau itu di lima tahun ke depan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini