Image

Presiden Jokowi: Banyak Nelayan Pindah Profesi karena Ikannya Habis Dicuri

Subhan Sabu, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 20:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 340 1814725 presiden-jokowi-banyak-nelayan-pindah-profesi-karena-ikannya-habis-dicuri-kXRkLIufBI.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone)

MANADO - Bertahun-tahun lamanya sekira 7.000 sampai 8.000 kapal asing lalu lalang masuk ke perairan Indonesia mengambil ikan namun hanya didiamkan saja. Namun, pemerintah beruntung punya Susi Pudjiastuti yang menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Kita ngerti, atau memang kita enggak ngerti, ngerti tapi diam, ataukah memang kita enggak ngerti, masa 7.000 kapal enggak ngerti, lalu lalang 7.000 kita diam saja, untung kita punya Menteri Susi, kalau mau ditenggelamin ya tenggelamin, enggak pakai mikir, " ujar Presiden Jokowi, Rabu (15/11/2017).

(Baca Juga: Astaga! Kapal Nelayan Tenggelam, 1 Tewas dan 6 Orang Hilang)

Menurut Jokowi, kalau para pencuri dibiarkan terus-terusan, maka ikannya akan habis, dan yang kena dampaknya adalah nelayan Indonesia. Dalam sekian dekade ini nelayan Indonesia turun sampai separuh, yakni dari 1,6 juta jadi 800 ribu.

"Karena ikannya enggak ada, mereka pindah profesi, hal seperti ini yang tidak kita perhatikan, siapa yang harus melindungi kekayaan sumber daya alam laut kita, ya kita sendiri, bukan minta ke negara lain untuk melindungi sumber daya alam laut kita, enggak akan," pungkas Jokowi.

(Baca Juga: VIRAL! Wow... Nelayan asal Bengkulu Ini Kaya Mendadak Berkah dari Muntahan Paus)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini