Image

Tingkatkan Wisata, Balai Taman Nasional Gunung Ceremai Gandeng Masyarakat

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 23:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 525 1814705 tingkatkan-wisata-balai-taman-nasional-gunung-ceremai-gandeng-masyarakat-QUtGPrPvVB.jpg Rapat Kementerian LHK dengan Balai Taman Nasional Gunung Ceremai. Foto Okezone/Harits Tryan

KUNINGAN - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengunjungi Balai Taman Nasional Gunung Ceremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (15/11/2017).

Rombongan Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup langsung disambut oleh Pelaksana Harian Kepala Balai yakni Rizal. Dalam kesempatan tersebut Rizal menjelaskan kondisi yang berada di Taman Nasional Gunung Ceremai ini.

Ia menuturkan bahwa masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai harus ikut terlibat langsung dalam pengelolaan. Rizal pun menyebut bahwa Taman Nasional Gunung Ciremai ini sebagai taman nasional kedaulatan rakyat.

“Taman Nasional Gunung Ciremai ini bisa disebut Taman Nasional kedaulatan rakyat,” ujar dia Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat.

Rizal menjelaskan bahwa terdapat sebuah alur agar pengelolaan TN Gunung Ciremai secara positif sesuai dengan kebutuhan pelayanan atau dalam mencapai kesejahteraan Sumber Daya Alam.

“Alurnya yakni interaksi (kelola ekologi SDA oleh Balai Taman Nasional Gunung Ciremai dan masyarakat. Lalu kedua kebutuhan masyarakat akses pengelolaan sumber daya alam pembinaan dan apresiasi. Ketiga pelayanan (nilai sosial masyarakat sebagai tuan rumah) dan terakhir itu kesejahteraan masyarakat (nilai ekonomi dan tanggung jawab pelestarian alam),” jelasnya.

Hasil dari pengelolaan tersebut Rizal menyebut sangat berdampak positif, di mana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari tiket masuk Taman Nasional Gunung Ciremai hingga bulan Oktober 2017 di luar target yang sudah ditentukan.

“Penermimaan PNBP tahun ini hingga bulan Oktober 2017 yakni Rp 2.409.687.400 yang sementara targetnya 1.170.150.000,” pungkasnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini