Image

Dianggap Rumit, Ujian Nasional Model Esai Dinilai Sulit Diterapkan

Rabu 15 November 2017, 12:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 65 1814363 dianggap-rumit-ujian-nasional-model-esai-dinilai-sulit-diterapkan-KBVPDqPUFl.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

SOLO - Meskipun Ujian Nasional (UN) model esai dinilai sulit dilakukan, sejumlah sekolah di Yogyakarta menyatakan siap jika harus melaksanakannya tahun ini.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Sugeng Mulyo Subono, mengatakan UN dengan metode esai hanya sebatas wacana apabila dilaksanakan tahun ini dan dianggap mustahil dilakukan.

Menurutnya, Ujian Nasional berbasis tulisan memiliki cara penilaian yang cukup rumit. Terlebih, untuk mata pelajaran yang bukan termasuk ilmu eksak seperti Bahasa Indonesia.

“Tidak ada jawaban mutlak seperti pilihan ganda yang bobotnya mutlak, ini bagaimana cara mengukurnya? Saya rasa belum (metode esai dalam UN dilaksanakan tahun ini),” ungkap Sugeng Mulyo Subono, dilansir dari Solopos, Rabu (15/11/2017).

Menurut Sugeng, lebih masuk akal jika ujian dengan metode esai diterapkan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tahun lalu kata dia, metode esai telah diterapkan di USBN untuk mata pelajaran Pendikan Agama, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

“USBN mungkin seperti kemarin sudah bisa dilakukan, seperti mata pelajaran IPS, PKn dan Agama bisa dilakukan, tapi untuk empat mata pelajaran Ujian Nasioal belum bisa dilakukan secara esai,” jelasnya.

Menanggapi wacana berubahnya metode Ujian Nasional mendatang, Kepala Sekolah SMPN 15 Yogyakarta, Siti Arina Budiastuti, mengatakan sudah memberikan pelatihan kepada anak didiknya.

“Apakah bentuk soal nanti insyaallah sudah kami latihkan kepada siswa,” tutur Siti Arina.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini