nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Bawakan Tarian Aceh, Tim Mahasiswa Indonesia Raih Juara 1 di Praha

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Kamis 16 November 2017 12:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 15 65 1814628 keren-bawakan-tarian-aceh-tim-mahasiswa-indonesia-raih-juara-1-di-praha-iEIo3HZeAo.jpg Foto: Dok UII

PRAHA - Tari Ratoeh Jaroe dan Ramphak Aceh dari Nangroe Aceh Darusalam menjadi juara umum dalam International Art Festivals and Contest “Magic Bridge of Vienna and Prague”, kompetisi kelas dunia yang diikuti oleh ratusan penari dan pemusik yang berasal dari 30 negara.

Tarian yang dibawakan mahasiswa UII yang tergabung dalam Tim International Program Dance Club (IPDC) juga menyabet penghargaan juara satu atau Diploma Laureate 1 untuk kategori dewasa. Event ini diorganisasi oleh European Association of Folklore Festival (EAFF).

“Penampilan Team IPDC berhasil merebut perhatian para juri dan penonton maupun peserta dari negara lainnya sehingga kita layak memperoleh penghargaan tertinggi. Prestasi IPDC kali ini mengulang kesuksesan di ajang kompetisi tarian rakyat pada tahun 2016 di Saint Petersburg Rusia yang berhasil memborong 6 penghargaan sekaligus,” ungkap Direktur International Program UII Wiryono, seperti dilansir dari Kedaulatan Rakyat, Kamis (16/11/2017).

Salah seorang anggota tim IPDC UII Ciane Pramitya Nawangsari mengungkap, kompetisi diikuti 59 peserta dari berbagai macam negara, yaitu Iran, Rusia, Ukraina, Bulgaria, Slovakia, dan lainnya. Indonesia mengirimkan dua representatif pada perlombaan ini sehingga bisa dikatakan bahwa IPDC UII juga bersaing dengan peserta negara sendiri.

“Kami berharap pencapaian ini dapat memotivasi teman-teman dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia dan UII baik di kancah nasional maupun internasional, serta dapat memotivasi generasi muda untuk terus melestarikan budaya Indonesia,” lanjut Ciane.

Keberadaan tim IPDC selama mengikuti lomba di Wina dan Praha mendapat dukungan dari KBRI Austria dan Republik Cheko serta segenap masyarakat di sana termasuk Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Tim IPDC juga diundang untuk berpartisipasi pada Indonesian Day dengan tajuk ‘A Glimpse of Wonderful Indonesia’ yang diselenggarakan oleh KBRI Republik Cheko di Royal Theatre Kota Praha.

(sus)

Berita Terkait

Universitas Islam Indonesia (UII)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini