nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI-Polri Kuasai Tembagapura, Djan Faridz: Semoga Aktivitas Ekonomi Bisa Hidup Kembali

Awaludin, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 19:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 17 340 1816173 tni-polri-kuasai-tembagapura-djan-faridz-semoga-aktivitas-ekonomi-bisa-hidup-kembali-vPQpzXfzsq.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum PPP Muktamar Jakarta, Djan Faridz mengapresiasi tinggi keberhasilan Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar, dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit atas sinergitas anggota TNI-Polri dalam Operasi Satgas Terpadu Penanggulangan  Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

"Kelompok bersenjata yang meneror warga di Kampung Banti dan Kimbely usai sudah. Semoga dengan tuntasnya drama ini aktivitas ekonomi Kimbely dan nanti bisa  hidup kembali," ujar Djan dalam keterangannya, Jumat (17/11/2017).

Djan juga berharap, agar pemerintah kedepannya dapat menemukan formula yang komprehensif karena kedua wilyah ini sangat terisolir. "Bayangkan saja, untuk sampai ke sana, dari Timika, orang hanya bisa menggunakan bus Freeport atau kendaraan aparat. Otomatis, barang-barang yang diperdagangkan warga pendatang di Banti dan Kimbely juga masuk melalui dua angkutan itu," imbuh Djan.

Belum lagi, lanjut Djan,  jarak Timika menuju Tembagapura sekitar 38 mil atau 61 km. Sepanjang Timika menuju Tembagapura, ada tiga checkpoint yang harus dilewati. Checkpoint Gorong-Gorong (mil 27), checkpoint bandara (mil 28), dan checkpoint Kuala Kencana (mil 32).

"Melihat kejadian itu, sepertinya Polri yang di-back up TNI harus lebih tegas sehingga drama penyekapan dan penyanderaan saat ini tidak jadi preseden di kemudian hari," pungkas mantan Menteri Perumahan Rakyat tersebut.

Untuk diketahui, situasi di Papua sempat memanas setelah kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) 'menyandera' sekitar 1.300 orang di Desa Kimbely dan Desa Banti, Mimika, Papua.

Atas hal tersebut TNI bersama Polri membentuk tim gabungan yang diberi nama Operasi Satgas Terpadu Penanggulangan KKB.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini