Image

Ditabrak Burung, Moncong Pesawat American Airlines Berlubang

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 18 November 2017, 04:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 18 18 1816229 ditabrak-burung-moncong-pesawat-american-airlines-berlubang-6kVEHHYJiK.jpg Burung yang tabrak pesawat American Airlines. (Foto: Daily Mail)

FLORIDA – Penerbangan sebuah pesawat American Airlines mengalami gangguan akibat seekor burung. Hewan itu diketahui menabrak bagian depan (moncong) pesawat saat tengah berada di udara.

Sebagaimana diwartakan Daily Mail, Sabtu (18/11/2017), beruntung, pesawat tersebut sudah berada di dekat bandara tujuan. Sehingga, peristiwa ini tidak menyebabkan pesawat American Airlines harus mendarat darurat.

Burung besar itu menabrak Airbus A319 saat sedang mendekati Bandara Internasional Miami pada Selasa 14 November 2017 sekira pukul 11.00 waktu setempat. Pendaratan pesawat yang terbang dari Mexico City itu pun berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Burung Terbang Masuk Mesin, Pesawat Jepang Terpaksa Mendarat Darurat

Seorang petugas American Airlines mengonfirmasi kejadian ini. Ia mengatakan bahwa pesawat dengan nomor penerbangan 1498 dapat mendarat dengan aman dan lancar.

“Memang benar bahwa salah satu pesawat kami bertabrakan dengan burung. Hal ini memang sering terjadi, namun tidak pernah hingga seperti ini,” tuturnya.

Akibat tabrakan ini, burung tersebut ikut mendarat dengan pesawat. Hal ini terjadi karena burung besar itu terjebak di pesawat karena tabrakan tersebut. Saat mendarat, sayap burung itu terlihat menjuntai dari bagian depan pesawat.

BACA JUGA: Tabrak Burung, Pesawat Air Asia Putar Balik ke Bandara Brisbane

Pihak pengelola segera melakukan tindakan untuk memperbaiki pesawatnya. Mereka bahkan memanggil layanan hewan setempat untuk mengeluarkan burung yang mati di pesawat itu.

Setelah berhasil dikeluarkan, pesawat itu dibawa ke tempat perawatan untuk diperbaiki. Untuk sementara, pesawat lain pun digunakan untuk menggantikannya.

Pihak maskapai mengatakan, tidak ada korban luka dalam insiden tersebut. Hanya burung besar itu saja yang mati.

BACA JUGA: Duh! Pangeran Saudi Ajak 80 Burung Elang Miliknya Naik Pesawat

Pada Agustus, sebua pesawat Japan Airlines juga terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah dihantam seekor burung. Otoritas berwenang mengatakan bahwa pesawat mengalami masalah pada mesin karena burung itu masuk ke mesin.

Kementerian Darat, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang menyatakan, mesin bagian kiri pesawat jenis Boeing 777 itu sempat mengeluarkan api setelah serangan burung itu. Penerbangan pesawat menuju New York itu pun mengalami gangguan. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini