Image

Hari Ini, Partai Penguasa Zimbabwe Gelar Pertemuan untuk Memecat Presiden Mugabe

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 19 November 2017, 13:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 19 18 1816660 hari-ini-partai-penguasa-zimbabwe-gelar-pertemuan-untuk-memecat-presiden-mugabe-UXltVQ6oTD.jpg Warga Zimbabwe gelar demo tuntut Mugabe mundur. (Foto: Reuters)

HARARE - Kriris politik yang menimpa Zimbabwe terus berlanjut dan tampaknya semakin memasuki keadaan darurat. Baik beberapa pejabat tinggi dan sebagian besar masyarakat Zimbabwe telah satu suara menginginkan Presiden Robert Mugabe yang telah memimpin selama 37 tahun untuk mundur dari jabatannya.

Warga Zimbabwe diketahui berencana menggelar demo untuk mengaspirasikan tuntutan tersebut. Bahkan, warga Zimbabwe yang tinggal di Inggris sudah bergerak dengan menggelar long march guna meminta Mugabe turun. Kini giliran tokoh politikus yang mengambil langkah untuk mewujudkan jatuhnya era Mugabe.

BACA JUGA: Bertemu Satu Meja, Para Pemimpin Parpol Penguasa Zimbabwe Rencanakan Kudeta Presiden Mugabe

Sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (19/11/2017), para tokoh politik dan anggota partai Zanu-PF dilaporkan menggelar pertemuan pada hari ini untuk membahas wacana pemecatan terhadap pria berusia 93 tahun itu. Sebagaimana diketahui, partai Zanu-PF merupakan partai penguasa di Zimbabwe yang juga merupakan partai tempat Mugabe bernaung.

Partai Zanu-PF akan mengadakan pertemuan komite pusat khusus, Minggu pagi waktu setempat. Pertemuan rencananya akan berlangsung sekira pukul 10.30 pagi. Selain membahas pemecatan Mugabe, pertemuan ini juga akan membahas upaya pengembalian Emmerson Mnangagwa untuk kembali ke jabatannya.

Selain akan menyingkirkan Mugabe, Partai Zanu-PF juga berencana mengeluarkan istri Mugabe, Grace dari keanggotaan partai. Sebelumnya, para pemimpin Partai Zanu-PF juga telah menggelar pertemuan pada Jumat 17 November dan pertemuan kali ini merupakan langkah lanjutan.

BACA JUGA: Berencana Gelar Demo, Massa Anti-Presiden Zimbabwe Akan Tuntut Mugabe Mundur

Pada pertemuan pertama, para pemimpin Partai Zanu-PF sepakat merancang sebuah resolusi guna memberhentikan Presiden Robert Mugabe. Mereka akan memberhentikan paksa Presiden Mugabe dan meletakkan dasar untuk pemakzulannya minggu depan jika Mugabe tetap menolak untuk mundur, kata seorang sumber partai senior.

Kisruh politik di Zimbabwe dimulai ketika Mugabe memecat Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa yang diduga bertujuan untuk memudahkan langkah Grace Mugabe sebagai presiden berikutnya. Keberadaan perempuan yang 40 tahun lebih muda dari Presiden Mugabe itu hingga saat ini masih misterius.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini