nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Pastikan Anggota KKB yang Kembali ke Pangkuan NKRI Bisa Diampuni

Fahreza Rizky, Jurnalis · Minggu 19 November 2017 06:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 19 337 1816586 dpr-pastikan-anggota-kkb-yang-kembali-ke-pangkuan-nkri-bisa-diampuni-Yejl8yJhSP.jpg Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini (Foto: Ist)

JAKARTA - Komisi I DPR RI "angkat topi" atas keberhasilan tim gabungan TNI-Polri dalam mengevakuasi ratusan warga yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Desa Kimbely dan Desa Banti, Mimika, Papua.

Tak hanya mengevakuasi, tim gabungan juga menjamin keamanan ribuan warga yang tetap menetap di desa tersebut.

Anggota 'Komisi Pertahanan' DPR yang juga Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini menyatakan, TNI-Polri masih harus memastikan dan menjamin keamanan warga asli yang menetap di dua desa tersebut. Untuk itu, upaya melumpuhkan kelompok teror KKB tidak boleh kendur.

"Upaya melumpuhkan kelompok teror KKB harus dilakukan secara efektif dengan zero korban jiwa terutama dari pihak aparat. Adapun anggota KKB yang menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI bisa diampuni setelah melalui proses hukum," ujar Jazuli melalui keterangan tertulisnya, Minggu (19/11/2017).

(Baca Juga: Konflik Papua, TPNPB Klaim Membakar Kendaraan Operasional Milik Freeport)

Negara, kata dia, tidak boleh kalah melawan teror. Atas keberhasilan aparat, ia pun mengucapkan terima kasih.

Senada dengan Jazuli, anggota Komisi I DPR lainnya, Charles Honoris mengatakan, kolaborasi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata merupakan bentuk kerjasama kelas satu yang menyelamatkan ratusan anak bangsa.

Menurut Charles, di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, TNI dan Polri bisa melakukan kerja bersama dan mencapai banyak hasil, terutama dalam operasi pengamanan dan menjaga kedaulatan negara dan rakyat Indonesia.

"Soliditas kedua institusi ini lah yang akan menjamin Indonesia aman," pungkas Politikus PDIP itu.

(Baca Juga: Warga Sipil Korban "Penyanderaan" KKB di Tembagapura Berhasil Dievakuasi)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini