nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diguncang Gempa 7 SR, Gelombang Tsunami Terdeteksi di Kaledonia Baru

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Senin 20 November 2017 08:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 20 18 1816930 diguncang-gempa-7-sr-gelombang-tsunami-terdeteksi-di-kaledonia-baru-vv2A82UE4h.jpg Ilustrasi. Gempa. (Foto: Sydney Herald)

NOUMEA – Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter (SR) dilaporkan mengguncang wilayah Kaledonia Baru dan Republik Vanuatu. Gempa yang melanda di wilayah Kepulauan Pasifik itu dilaporkan memiliki potensi tsunami.

Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii dan Joint Australian Tsunami Warning Center menyebut, gelombang pasang tinggi sekira lebih dari 1 meter akan segera menghantam Kaledonia Baru. Sementara, gelombang tsunami lebih kecil akan menghantam Vanuatu.

Sebagaimana dilansir Reuters, Senin (20/11/2017), otoritas berwenang menyatakan, bahwa ukuran gelombang pasang pada dasarnya akan terjadi bervariasi seuasi dengan panjang garis pantai dan terumbu karang yang ada yang menghalangi laju ombak. Namun mereka meyakinkan jika gelombang tsunami yang terjadi relatif kecil.

Gelombang tsunami ini terdeteksi setelah gempa bawah laut dengan kekuatan 7,0 SR terjadi sekira 82 kilometer dari timur Kepulauan Kaledonia Baru pada pukul 9.43 waktu setempat. Sebelumnya, gempa dengan kekuatan serupa juga terjadi pada akhir oktober lalu.

Pusat gempa diketahui berjarak 117,48 kilometer dari timur Kota Tadine, Kaledonia Baru dan dirasakan di 15 wilayah yang berbeda.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini