Image

Jelang Pilwalkot Malang 2018, Banyak Warga Perbatasan Belum Terdaftar Sebagai Pemilih

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 21 519 1817787 jelang-pilwalkot-malang-2018-banyak-warga-perbatasan-belum-terdaftar-sebagai-pemilih-jHnED23WX0.jpg Foto: Avirista Midaada/Okezone

MALANG - Menjelang Pemilihan Wali Kota Malang 2018, sejumlah warga di kawasan perbatasan Kota Malang dengan Kabupaten Malang ternyata masih belum memiliki hak pilih.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, mengakui memang banyak masyarakat selama proses demokrasi tidak bisa memilih karena dia tidak terdaftar.

"Jumlahnya kami belum merincinya. Mayoritas memang wilayahnya perbatasan dengan Kabupaten Malang. Ada beberapa orang telepon saya mengeluh soal itu. Ini tugas PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) menyelesaikan itu," tuturnya saat ditemui di Balaikota, Selasa (21/11/2017).

Menurut laporan yang masuk ke pihaknya, sejumlah daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang seperti Kelurahan Dieng dan Kelurahan Tlogomas, warganya masih belum mendapat hak pilih.

Dia menambahkan, warga dianggap sebagai bagian Kabupatèn Malang atau Kota Malang, meskipun memiliki data kependudukan di Kota Malang. "Tinggalnya berhimpitan dengan Kabupaten. Ada beberapa RT ikut kota, tapi sebelahnya RT ikut kabupaten," ungkap Sutiaji.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Malang, Azhari Husein, menyatakan belum mendapat laporan adanya warga yang belum memiliki hak pilih. "Belum ada yang mengadu ke kami. Yang jelas data pemilih berdasarkan kependudukan, jadi harus dilihat dulu apakah dia tinggal di Kota Malang atau Kabupaten," jelas Azhari.

Pihaknya akan memaksimalkan peran PPDB (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) yang berada di tingkat RT /RW. Nantinya dapat dilakukan verifikasi wilayah sekaligus untuk menyelesaikan permasalahan bila ada warga perbatasan Kota Malang yang belum memiliki hak pilih.

"Kami akan melakukan Pemutakhiran data pada Januari 2018," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini