nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Beasiswa, Financial Aid Juga Solusi untuk Kuliah di Luar Negeri

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 18:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 21 65 1817955 selain-beasiswa-financial-aid-juga-solusi-untuk-kuliah-di-luar-negeri-1SWFI2tUyg.jpg Foto: Elva (Okezone)

JAKARTA – Meski telah sadar akan pentingnya pendidikan internasional di era globalisasi, tetapi kendala ekonomi seringkali menjadi dinding penghalang niat kuliah di luar negeri.

Dalam diskusi “Finding Out Ways to Pursuing Undergraduate Degree in the United States”, mahasiswi Cornell University Ivania Livia Hartanto menjelaskan peran beasiswa dan bagaimana cara memanfaatkannya kepada puluhan siswa yang berasal dari SMAN 61 dan SMAN 77 Jakarta.

“Universitas menyediakan program scholarship, dan waktu itu saya sangat beruntung karena mendapatkan scholarship tersebut. Tentunya, itu sangat membantu. Jika kalian memiliki prestasi yang bagus, kalian bisa sekali apply scholarship achievment, dan banyak sekali yang mendapatkannya,” jelas alumni Green River Community College kepada wartawan, Selasa (21/11/2017).

Menurut Ivania, universitas-universitas di Amerika Serikat banyak menyediakan program beasiswa kepada mahasiswa internasional. Tidak hanya beasiswa, financial aid juga dapat dipertimbangkan sebagai solusi untuk membantu pembiayaan saat menjadi mahasiswa.

Terkait hal itu, alumni Wesleyan University sekalgus kandidat Ph.D. Brown University, Satrio Wicaksono menambahkan, “Wesleyan kemarin menyediakan full scholarship sampai bachelor. Harvard University menyediakan opsi loan atau work study.

Opsi pinjaman (loan) dan work study termasuk financial aid yang paling banyak ditawarkan universitas-universitas di Amerika Serikat untuk membantu mahasiswa internasional. Berbeda dengan pinjaman yang harus dibayar dengan bunga, work study memberikan pekerjaan sesuai bidang mahasiswa sebagai bantuan untuk melunasi biaya kuliah.

Sementara untuk program S-3, Ivania mengatakan mahasiswa tak perlu khawatir, “Dua teman saya adalah Ph.D., dan mereka dibayar untuk melakukan riset. Semuanya ditanggung, mereka juga bisa menjadi TA atau Teaching Assistant, dan mereka dibayar untuk melakukan itu. Jadi untuk S-3 kalian tidak perlu worry masalah finansial karena akan dibiayai universitasnya sendiri. Well, tergantung universitas apa,” tutupnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini