Image

Dua Penyelenggara Pemilu Kota Batu Terdaftar Keanggotaan Parpol, Kok Bisa?

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 22 November 2017, 06:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 22 519 1818287 dua-penyelenggara-pemilu-kota-batu-terdaftar-keanggotaan-parpol-kok-bisa-S5NmQEeS50.jpg Ilustrasi (Regita/Okezone)

MALANG - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Batu menemukan nama penyelenggara pemilu yang terdaftar pada anggota salah satu partai politik calon peserta Pemilu 2019.

Ketua Panwaslu Kota Batu, Abdur Rochman, mengatakan pihaknya telah meminta partai politik yang bersangkutan untuk menghapus dua nama tersebut dari data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) selama masa perbaikan mulai 18 November hingga 1 Desember 2017 nanti.

Dua nama yang dimaksud yakni Komisioner KPU Kota Batu, Erfanudin dan Heri Sutanto, selaku PPK Kecamatan Bumiaji. Keduanya terdaftar sebagai anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Kami sudah sampaikan untuk menghapus nama tersebut. Karena yang bisa menghapus nama tersebut ya dari pihak PSI sendiri,” ungkap Rochman, Selasa (21/11/2017).

Dia juga meminta pihak PSI menyertakan surat pernyataan ketidakikutsertaan dua nama tersebut dalam keanggotaan parpol. "Dua orang yang bersangkutan juga lebih baik membuat surat keterangan. Jadi ada pernyataan hitam di atas putih untuk menguatkan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PSI Kota Batu, Abdulloh Qoyim melakukan klarifikasi bahwa pencantuman kedua nama tersebut disebabkan human error. “Ya mungkin ada kesalahan pencantuman nama dari kami. Nanti di masa perbaikan akan kami hapus,” jelasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini