nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Punya Hak Pilih, KPU Kota Malang Imbau Warga Minta Suket ke Disdukcapil

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 17:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 22 519 1818651 belum-punya-hak-pilih-kpu-kota-malang-imbau-warga-minta-suket-ke-disdukcapil-zrI3B18SLF.jpg Ketua KPU Kota Malang Zaenuddin. (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG – Ketua KPU Kota Malang, Zaenuddin, menyarankan warga yang belum memiliki E-KTP segera melapor ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mendapatkan surat keterangan (suket). Dengan surat tersebut, warga yang belum memiliki hak pilih, dapat menyalurkan haknya pada pilkada mendatang.

"Pasti Dukcapil, akan mengeluarkan surat keterangan. Surat keterangan itu sudah cukup digunakan untuk menyalurkan hak pilih," ujar Zaenuddin ditemui dalam acara pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) se-Kota Malang, Rabu (22/11/2017).

(Baca Juga: Jelang Pilkada Serentak, Pangdam V Brawijaya Minta Babinsa Tingkatkan Keamanan)

Di sisi lain, temuan Wakil Wali Kota Malang mengenai masih banyak warga perbatasan yang belum masuk ke dalam daftar pemilih, ia meminta warga untuk menyiapkan data kependudukan yang ada, baik itu E-KTP atau surat keterangan.

"Jika mereka domisili di Kota Malang, warga harus bisa membuktikan dengan data kependudukan. Nanti petugas PPDB kami akan mendata dan memasukkannya," katanya.

(Baca Juga: Pasangkan Khofifah dengan Emil Dardak, Ini Alasan Golkar)

Menurutnya, daftar data pemilih atau DP4 diperoleh dari KPU Pusat, sedangkan KPU Pusat mendapatkannya dari Kementerian Dalam Negeri yang diambil dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah-daerah.

"Bila ada perubahan dari DP4 nantinya petugas akan melakukan verifikasi dan pemutakhiran daftar pemilih," pungkasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini