nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Senjata Tajam di Sukabumi Dimusnahkan Petugas

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 03:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 24 525 1819592 puluhan-senjata-tajam-di-sukabumi-dimusnahkan-petugas-vr7R4hFOco.jpg foto: Illustrasi Okezone

 

SUKABUMI - Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Sukabumi, Jawa Barat memusnahkan puluhan pucuk senjata tajam dari hasil sitaan pihak Polres Sukabumi Kota.

"Ada 54 pucuk senjata tajam dari berbagai jenis yang kami musnahkan. Ini merupakan barang bukti yang kasusnya sudah berkekuatan hukum tetap," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi Ganora Zarina di Sukabumi, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, senjata tajam tersebut merupakan hasil pengungkapan Polres Sukabumi Kota dari beberapa kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukumnya seperti tawuran pelajar, penganiayaan, pencurian, perampokan dan lain-lain.

Atas kepemilikan senjata tajam secara ilegal ini terpidanya dijerat dengan berbagai undang-undang baik KUHP maupun undang-undang darurat.

Mayoritas pemilik barang bukti tersebut berusia remaja atau produktif, bahkan ada beberapa jenis senjata tajam yang diduga dibuat sendiri oleh pemiliknya yang tujuannya untuk melukai orang lain.

"Untuk menekan angka kriminalitas di wilayah hukum Kejari Kota Sukabumi kami sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan lainnya seperti polisi, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan lain-lain," tambahnya.

Ganora mengatakan, kepemilikan senjata tajam secara ilegal apalagi digunakan untuk menyerang atau melukai orang lain ancaman hukumannya cukup berat yakni maksimal hingga 20 tahun.

Biasanya, aksi kriminalitas menggunakan senjata tajam ini tidak terlepas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan obat keras daftar G.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini