Image

Eco Compost Bin, Tong Sampah Karya Mahasiswa yang Bisa Hasilkan Pupuk Kompos

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Sabtu 25 November 2017, 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 24 65 1820071 eco-compost-bin-tong-sampah-karya-mahasiswa-yang-bisa-hasilkan-pupuk-kompos-DhsEktHYex.jpg Foto: Elva (Okezone)

JAKARTA – Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), jumlah masyarakat dunia akan bertambah 8,5 miliar pada tahun 2030. Sejalan dengan itu, poduksi pangan akan melonjak, dan terjadi peningkatan produksi sampah organik.

Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa Teknik Industri Universitas Trisakti (Usakti) mencoba menciptakan ‘Eco Compost Bin’ yang tidak hanya berguna untuk menampung sampah, tetapi juga mengolahnya menjadi pupuk kompos yang suburkan tanaman. Bahkan, alat ini boleh dibilang mengurangi polusi udara akibat pembakaran sampah.

Baca juga:

(Mahasiswa Ciptakan Alat Kontrol Listrik Melalui SMS)

Penggunaan Eco Compost Bin, menurut salah satu mahasiswa, Carisa Diljan, sangat mudah. “Jadi, sampah kering dimasukkan, lalu dicacah. Nanti, dia akan turun ke bawah dan diaduk bersama tanah,” paparnya pada Okezone, Sabtu (25/11/2017).

Tanah yang terlebih dahulu dimasukkan untuk dicampur bersama sampah berguna untuk mempermudah pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos. Selain itu, cairan EM4 juga digunakan sebagai media untuk mempercepat pembuatan pupuk kompos. Dengan cairan itu, kompos bisa matang dalam waktu 3-14 hari, tergantung pada kondisi kelembapan dan metode yang digunakan.

Baca juga:

(Industrial Business Plan 2017, Siapkan Wirausaha Berbasis Teknologi)

Jenis sampah yang memungkinkan untuk diolah menjadi kompos, tambah Carisa, adalah jenis sampah organik yang tidak terlalu berair, “Khusus untuk daun-daun dan sisa tumis di rumah,” imbuhnya.

Produk ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi penumpukan sampah di sekitar kita.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini