Terus Meletus, PVMBG Evaluasi Status Gunung Agung

Nurul Hikmah, Okezone · Minggu 26 November 2017 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 26 340 1820792 terus-meletus-pvmbg-evaluasi-status-gunung-agung-VylAVdoO27.jpg Pusat pemantauan aktifitas gunung Agung (Foto: Okezone)

KARANGASEM - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi masih akan mengevaluasi status Gunung Agung. Seperti diketahui Gunung Agung saat ini berada di level III, dan terus terjadi letusan.

Seperti dikabarkan sebelumnya bahwa Gunung Agung meletus lagi pada Sabtu 25 November 2017 dan sampai saat ini letusan tersebut masih terjadi.

Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika mengatakan, masih akan mengevaluasi status Gunung Agung.

"Status Gunung Agung masih akan kita evaluasi. Sampai saat ini statusnya masih kita diskusikan dengan para ahlinya,"jelasnya di Karangasem, Minggu (26/11/2017).

Dia menjelaskan, bahwa letusan Gunung Agung masih terus berlanjut. Dari ketinggian asap saat ini mencapai 3.380 meter dari puncak kawah Gunung Agung.

Sementara kegempaan Vulkanik Dangkal dan Vulkanik Dalam sudah tidak tercatat.

"Yang ada saat ini tremor menerus,"terangnya.

Dia menjelaskan, letusan Gunung Agung ini sudah sampai letusan magmatik, yang terjadi pada Sabtu 25 November 2017 terjadi sekira pukul 21.00 Wita. "Sudah letusan magmatik, ya semalam ada tandanya terlihat sinar di kawah Gunung Agung,"pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini