Image

Audi 8 dan BMW i8 Roadster Unjuk Gigi di Ajang Los Angeles Auto Show

Zahra Muhamad Afra, Jurnalis · Selasa 28 November 2017, 08:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 27 15 1821527 audi-8-dan-bmw-i8-roadster-unjuk-gigi-di-ajang-los-angeles-auto-show-cN9pdeCIoL.jpeg Foto : Reuters

JAKARTA - Los Angeles Auto Show yang diselenggarakan pada 1 sampai 20 Desember 2017, menjadi ajang peluncuran sejumlah model kendaraan terbaru. Diantaranya banyak yang menampilkan material komposit, namun generasi keempat Audi 8 dan BMW i8 Roadster, menjadi yang paling dinanti.

Pada 2019, A8 Audi menggunakan campuran empat bahan yakni, komposit CFRP, aluminium, baja, dan magnesium dalam struktur body yang dikenal dengan Audi Space Frame (ASF). Panel belakang CFRP merupakan panel terbesar penumpang A8.

Menurut Audi, panel belakang CFRP terdiri dari 33 persen kekakuan torsi dari total kendaraan. Untuk memastikan kendaraan dapat menyerap beban dan kekuatan geser. Antara enam dan 19 lapisan serat ditempatkan di atas satu sama lain. Lapisan serat ini terdiri dari kaset 50 mm (0,2 inci), yang dapat ditempatkan secara terpisah pada panel berlapis. Dengan sudut serat yang diinginkan dan pemangkasan serat minimal.

Proses pelapisan langsung serat OEM yang dikembangkan secara khusus, menghilangkan kebutuhan untuk memproduksi ke seluruh lembaran serat karbon. Teknologi dan penggunaan chassis ini sangat mirip dengan yang dikembangkan oleh setup BMW yang dikenal “Carbon Core.”

BACA: Jaguar Usung Teknologi AI, Nih Penampakannya!

BACA: Cristiano Ronaldo Pilih Audi RS7 Sebagai Kado Spesial, Nih Buktinya!

Menurut pemasok BMW SGL Group, “teknologi Carbon Core menghasilkan pengurangan berat yang substansial dan juga membantu untuk lebih meningkatkan dinamika berkendara. Dengan menurunkan pusat gravitasi kendaraan.”

Komposit serat karbon juga memainkan peran penting dalam roadster i8 terbaru. Jok penumpang dari serat karbon single piece, akan memberikan kontribusi pada kekakuan dan dinamika kendaraan.

Menurut BMW blog, Roadster i8 akan menerima tuning chassis yang telah direvisi dan meningkatkan daya hingga 400 Hp. Sementara update yang lebih besar diharapkan pada sistem infotainment iDrive serta rangkaian sistem bantuan modern.

Roadster i8 juga akan memiliki dua kali lipat dari driving range saat ini dari i8 sekarang. Demikian seperti dikutip dari Composites Manufacturing, Selasa (28/11/2017). (tce)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini