Awasi Jalannya Pilkada Serentak, Bawaslu Ajak Para Pelajar Turut Terlibat

ant, · Selasa 28 November 2017 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 28 340 1821716 awasi-jalannya-pilkada-serentak-bawaslu-ajak-para-pelajar-turut-terlibat-fQwg4ca5qK.jpg Ilustrasi pemilihan umum. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

BENKULU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu mengajak pelajar terlibat dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 yang tahapannya sudah dimulai sejak Oktober 2017. Ketua Bawaslu Bengkulu Parsadaan Harahap menyebutkan, pihaknya telah menggelar sosialisasi pilkada pada segmen pelajar yang terlibat aktif dalam kegiatan pramuka.

"Namanya remaja, mereka memiliki semangat yang kuat, jauh dari kepentingan kelompok, dan mereka memiliki waktu lebih luang jika dibandingkan orang dewasa yang terikat dengan pekerjaan," kata dia.

Pelajar yang diajak untuk berpartisipasi aktif, lanjut dia, tentu mereka yang telah berumur 17 tahun dan sudah mendapatkan hak pilih untuk pertama kalinya. "Hanya partisipasi. Kalau menemukan dugaan pelanggaran, ayo kasih tahu kepada panwas atau datang ke pojok pengawasan untuk memberi tahu kami," jelasnya.

Selain memperluas pengawasan, program pelibatan pelajar ini tentu juga memiliki manfaat lain, seperti menjadi ajang pendidikan pemilu bagi para pemilih pemula.

Provinsi Bengkulu sendiri juga akan ikut menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018. Satu daerah yang menyelenggarakan yakni di Kota Bengkulu.

"Kita sudah merekrut tenaga panwaslu kota, sekarang sudah berubah nama menjadi panwaslih, dan panwaslih akan merekrut di tingkat kecamatan dan kelurahan," ujarnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini