2 Kali Erupsi, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km

Erie Prasetyo, Okezone · Rabu 29 November 2017 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 29 340 1822266 2-kali-erupsi-gunung-sinabung-luncurkan-awan-panas-sejauh-3-km-wyOvP6SX5m.jpg Gunung Sinabung erupsi. (Foto: Erie Prasetyo/Okezone)

MEDAN – Sepekan terakhir, aktivitas Gunung Sinabung kembali meningkat. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat terjadi 2 kali erupsi pada Selasa (28/11/2017).

Pada pukul 08.38 WIB, terjadi erupsi Gunung Sinabung. Namun, tinggi kolom tertutup kabut dan lama gempa 610 detik.

Erupsi lebih kuat terjadi pada pukul 18.11 WIB. Erupsi Sinabung meluncurkan awan panas guguran dengan jarak 3.000 meter (3 Km) ke arah timur. Lama gempa saat erupsi berdurasi 301 detik.

(Baca Juga: Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 2,3 Km)

Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra, mengimbau masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung.

"Untuk ke depannya kita belum tahu. Pastinya jika aktivitasnya tinggi, ya kemungkinan akan lama erupsi ini berlangsung," ujar Armen.

(Baca Juga: Erupsi Gunung Sinabung Tertutup Kabut, Warga Diimbau Tak Beraktivitas Radius 7 Km)

Dia menjelaskan pihaknya terus memantau aktivitas Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG - Badan Geologi.

"Penyebab erupsi karena aktivitas di dalam gunung itu sendiri tinggi. Masyarakat diimbau jauhi zona merah dan hindari sungai yang bisa dilewati banjir lahar dingin," pungkas Armen.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini