Image

Kurangi Kecelakaan, Toyota Bikin Safety Sense Generasi Kedua

Zahra Muhamad Afra, Jurnalis · Kamis 30 November 2017, 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 30 15 1823079 kurangi-kecelakaan-toyota-bikin-safety-sense-generasi-kedua-sibDc63DT5.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Toyota Motor Corporation (Toyota) akan berkontribusi dalam mengurangi kecelakaan dengan menghadirkan Toyota Safety Sense generasi kedua yang telah disempurnakan.

Toyota Safety Sense adalah paket keselamatan aktif yang dikembangkan untuk mengurangi kecelakaan dengan harapan pengendara dapat dengan aman berkendara dan mengurangi kerusakan jika terjadi kecelakaan.

Terdiri dari beberapa fungsi dan fitur utama, meliputi Pre Collision System (PCS), yang membantu mencegah dan mengurangi tabrakan dengan kendaraan dan pejalan kaki di depan. Lalu, Lane Departure Alert (LDA), yang membantu mencegah kendaraan keluar dari jalur mereka serta Automatic High Beam (AHB), yang membantu memastikan visibilitas maju yang optimal saat berkendara di malam hari.

Baca juga: Toyota Resmi Tutup Pabrik Mobil di Australia, Ini Penyebabnya

Generasi kedua ini akan diluncurkan pada 2018. Memanfaatkan kamera single lens dan radar gelombang milimeter yang saat ini digunakan di Toyota Safety Sense P. Yang akan lebih ditingkatkan untuk mengurangi kecelakaan, mengurangi jumlah kematian dan luka akibat kecelakaan lalu lintas, dan memudahkan pengemudi.

Perluasan Cakupan Deteksi Bahaya dan Peningkatan Fungsionalitas

Dengan menambahkan pendeteksi PCS, untuk mengetahui jika ada pejalan kaki dan pesepeda jika masuk ke dalam kategori bahaya. Road Sign Assist (RSA), fitur yang mendukung pengemudi melihat batas kecepatan dan peraturan lalu lintas. Tanda-tanda terbaca oleh kamera dan ditampilkan di panel instrument.

Fitur Pendukung Mengemudi Tingkat Lanjut

Lane Tracing Assist (LTA) untuk membantu pengemudi dan meningkatkan kenyamanan. Membuat kendaraan di jalur tengah dengan mengendalikan kemudi saat menggunakan Dynamic Radar Cruise Control.

LTA juga dilengkapi dengan Lane Daperture Alert (LDA), dengan kemampuan mengenali bahu jalan untuk jalanan tanpa tanda garis putih, member peringatan saat menyimpang dari jalan raya, dan membantu kembali ke jalur.

 

Pengurangan Ukuran Unit untuk Meningkatkan Kemudahan Pemasangan

Generasi kedua Toyota Safety Sense akan diluncurkan secara progresif terutama di Jepang, Amerika Utara, dan Eropa. Peluncuran generasi pertama sudah dilakukan di hampir semua mobil di negara tersebut. Lima juta kendaraan di seluruh dunia sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense.

Baca juga: Terima Sentuhan Modifikasi, Toyota Hilux Makin Sangar

Untuk mengarahkan masyarakat untuk beralih ke kendaraan yang aman, perlu dijelaskan tentang tiga pilar berikut, antara lain prakarsa berbasis kendaraan yang mengarah pada pembuatan kendaraan yang benar-benar aman dengan memasukkan siklus kegiatan, termasuk survey kecelakaan, analisis penyebab kecelakaan, dan pengembangan komersialisasi teknologi penanggulangan.

Kedua, menanamkan di pendidikan anak-anak dan juga pembalap dan ketiga, menjelaskan tentang lalu lintas termasuk langkah-langkah Intelligent Transport Systems (ITS).

Toyota juga meningkatkan kesempatan untuk memahami Toyota Safety Sense dan ICS. Untuk mempromosikan program Dukungan Toyota dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan pelanggan dan jaminan. Untuk berkontribusi pada tujuan akhir, yakni mengurangi kecelakaan dan kematian akibat lalu lintas.

Toyota akan melanjutkan pendekatan tiga pilarnya dalam mengatasi manusia, mobil, dan lingkungan lalu lintas. Demikian, dikutip dari JCN Newswire.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini