Tanggul Sungai Cimanuk Longsor, Sejumlah Desa di Indramayu Terancam Banjir

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Jum'at 01 Desember 2017 17:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 01 525 1823752 tanggul-sungai-cimanuk-longsor-sejumlah-desa-di-indramayu-terancam-banjir-AkeV97UF0L.jpg Tanggul Sungai Cimanuk jebol. (Foto: Dwi Ayu Artantiani/Okezone)

INDRAMAYU – Tanggul Sungai Cimanuk yang berada di Desa Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami longsor dan amblas. Sejumlah desa di kecamatan tersebut pun terancam banjir.

Kasi Rehabilitasi BPBD Indramayu, Saptaji Imanudin mengatakan, longsornya tanggul tersebut disebabkan bagian bawah tangul tergerus putaran arus air banjir sehingga longsor dan amblas. Material longsoran kemudian mengenai grip penahan tanggul yang baru selesai tahap pengerjaan. Empat bangunan grip patah atau rusak.

"Tanggul yang longsor dan amblas berjarak sekitar 90 cm dengan ketinggian 50 cm sampai 170 cm. Tanggul pembatas antara Sungai Cimanuk dengan perumahan penduduk masih tersisa sekitar 100 cm sampai 200 cm serta sudah disender menggunakan semen dan batu," katanya, di Indramayu, Jumat (1/12/2017).

(Baca Juga: Banjir Landa Cianjur, 1 Orang Tewas dan 1 Lagi Hilang Terseret Arus)

Atas kejadian ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak terkait agar perbaikan segera dilakukan. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Namun, kerugian materi ditaksir mencapai Rp500.

"Kami pun mengimbau kepada masyarakat sekitar agar berhati-hati dan selalu waspada yang sewaktu-waktu air dari tanggul tersebut meluap mengingat kondisi tanggul yang sudah longsor," katanya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini