nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Bulan Purnama, Puluhan Rumah Terpapar Banjir Rob

Rus Akbar, Jurnalis · Sabtu 02 Desember 2017 21:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 02 340 1824186 jelang-bulan-purnama-puluhan-rumah-terpapar-banjir-rob-OqAhLZaUNv.jpg Banjir Rob di Padang (foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Emidar (55) tampak sibuk menyapu lantai yang sudah basah bercampur dengan pasir warna hitam, rumahnya dari kayu berlantai dua itu terletak dipinggir kali di RT 03/ RW 04 Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Air tadi sore masuk pada pukul 17.00 WIB, sampai masuk kedalam rumah pukul 18.55 WIB tadi sudah mulai surut, tadi masuk sampai ke lantai rumah, namun masih ada yang lebih parah sampai sedalam satu meter," katanya pada Okezone, Sabtu (2/12/2017).

 

Air yang masuk kedalam rumah itu dari Muara Lasak pada saat air pasang air laut itu masuk ke kali masuk rumah warga yang rendah.

“Hari ini kami beruntung air tidak sampai dalam masuk hanya sampai dilantai saja, tapi tadi sudah kami amankan ke tempat yang tinggi, sedangkan untuk tidur ada kamar dilantai dua, tapi warga lain tentu itu tidak bisa tidur rumah mereka masih terendam banjir,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT 03 Amrizal mengatakan penyebab banjirnya ini karena ada pendangkalan di kali dekat rumah warga.

“Kemarin sudah kita gali kali ini tapi karena daerah itu rendah maka dari atas masuk kembali pasirnya, bukan sampah, kalau sampah warga sudah kita peringati,” ujarnya.

Sepertinya kata Amrizal menjelang bulan purnama ini air akan terus masuk ke rumah warga, ini ketiga harinya. “Sepertinya besok akan lebih dalam, biasanya sore air masuk ke rumah warga saya,” katanya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini