nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merintih Minta Tolong, Panda Liar yang Tak Bisa Bergerak Ini Akhirnya Diselamatkan

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017 19:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 03 18 1824479 merintih-minta-tolong-panda-liar-yang-tak-bisa-bergerak-ini-akhirnya-diselamatkan-yP8ea0FUiZ.jpg Panda liar yang cedera berhasil diselamatkan. (Foto: China Daily)

SICHUAN - Seekor panda liar di China dilaporkan ditemukan dalam kondisi memprihatinkan. Panda tersebut diketahui mengalami cedera yakni patah tulang rusuk hingga tak bisa bergerak. Beruntung, ia ditemukan oleh seorang warga yang kemudian melaporkan penemuannya ini ke pihak berwenang.

Panda tersebut diketahui berhasil ditemukan setelah terus merintih, entah menahan sakit atau tengah mencari pertolongan. "Salah satu anggota keluarga saya terus mendengar suara (rintihan panda) dari dalam hutan. Lalu saya menemaninya untuk memeriksa sumber suara tersebut hingga kemudian kami menemukan panda itu," ujar seorang warga bernama Li Wanfang yang menyelamatkan panda tersebut.

BACA JUGA: Wow! Kesehatannya Terjaga, Nenek Panda di China Rayakan Ultah ke-35

Setelah mendapat laporan mengenai keberadaan panda tersebut, staf Cagar Alam Wawushan dan petugas kehutanan langsung ke lokasi guna melakukan evakuasi. Sebagaimana dilansir dari China Daily, Minggu (3/12/2017), panda tersebut diketahui memiliki jenis kelamin betina. Ia diperkirakan berusia 16 sampai dengan 20 tahun.

Saat ditemukan ia tengah meringkuk di bawah pohon bambu di hutan dekat Kota Wawushan, Meishan, Provinsi Sichuan. Selain menderita patah tulang rusuk, hewan yang dikenal lucu itu juga mengalami disfungsi perut karena diduga tak makan selama berhari-hari.

BACA JUGA: Sedih! Panda Tertua di Dunia Tutup Usia

Sebelum diselamatkan, petugas mendirikan rumah sementara bagi panda malang itu di sekitar pohon bambu untuk menghindarkannya dari hujan. Petugas baru berani mengevakuasi panda tersebut setelah dokter hewan dari Chengdu Research Base Giant Panda Breeding tiba.

"Panda itu agak kurus kering. Mungkin dia tidak makan berhari-hari. Ia juga terinfeksi parasit," terang seorang dokter hewan yang merawatnya, Yang Zhi.

Sayangnya tidak jelas apa yang menyebabkan panda tersebut mengalami patah tulang rusuk.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini