nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PVMBG Prediksi Kawah Gunung Agung Akan Terisi Penuh Dalam Waktu 10 Hari

Nurul Hikmah, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017 06:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 03 340 1824294 pvmbg-prediksi-kawah-gunung-agung-akan-terisi-penuh-dalam-waktu-10-hari-yxtroUboKv.jpg Gunung Agung (foto: Antara)

KARANGASEM - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) memprediksi lava yang ada di kawah Gunung Agung akan penuh dalam 10 hari ini.

Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika mengatakan, saat ini kurang dari 50 persen kawah sudah terisi dengan lava.

"Apabila terisi penuh lava yang ada dikawah tersebut sekitar 60 juta meter kubik," katanya di Karangasem, Minggu (3/12/2017).

Dikabarkan sebelumnya, kawah yang ada di Gunung Agung sudah terisi lava sekitar 20 juta meter kubik. Kedalaman kawah Gunung Agung yang ada di Karangasem ini sekitar 200 meter.

Dia menjelaskan, bahwa saat ini sering terjadi gempa-gempa over scale, selain itu juga ada gempa low frekuensi. Apalagi juga diikuti dengan gempa-gempa terasa akhir-akhir ini di wilayah Karangasem.

"Mengingat dengan kondisi saat ini maka paling tidak kurun waktu dalam 10 hari lavanya akan penuh dan meluber," ungkapnya.

 (Baca juga: Terus Digoyang Gempa, Warga Bali Ingat Fenomena Sama saat Gunung Agung Meletus pada 1963)

Dia menerangkan, jika lavanya meluber dari kawah diperkirakan akan mengarah ke utara.

"Bukanya sekarang ini ke utara bisa jadi ketika luber juga mengarah kesana," pungkasnya.

Ketika Turis-Turis Asyik Merekam Aliran Lahar Hujan Gunung Agung di Desa Muncan

Sebelumnya, Aktivitas Gunung Agung terus aktif, terlihat ada gempa Low Frequency sebanyak 18 kali, dan ada Tremor Menerus (Microtremor) yang semakin membesar.

Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Agung saat ini masih ditandai gempa-gempa vulkanik.

 (Baca juga: PVMBG: Lava Gunung Agung Sudah Ada di Permukaan Kawah)

Sampai saat ini status Gunung Agung berada di level IV, dimana masyarakat dan wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 8 km dari kawah Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 10 km dari kawah Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini