Image

Mahasiswa ITB Sabet Juara Satu Dalam Lomba Tingkat Asia

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017, 14:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 04 65 1824808 mahasiswa-itb-sabet-juara-satu-dalam-lomba-tingkat-asia-wtcsHQJMm4.jpg Foto: Dok ITB

JAKARTA – Sejalan dengan era persaingan global, mahasiswa Indonesia kerap menunjukkan kemampuannya berkompetisi di panggung lintas negara. Misalnya saja, tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang baru-baru ini mengharumkan nama Indonesia berkat kemenangannya melawan negara-negara Asia.

Tidak tanggung-tanggung, wakil Tanah Air ini menyabet gold medal atau juara pertama pada ajang bergengsi SPE PDPU Fest 2017 yang diselenggarakan oleh Society of Petroleum Engineering Pandil Deenayal Petroleum Univeristy Student Chapter (SPE PDPU SC) di Ghandhinagar, Gujarat, India. Seakan belum cukup, posisi pertama mereka raih pada dua kategori sekaligus.

Kategori tersebut, yakni Showcase (Paper and Poster Competition) yang dimenangkan oleh mahasiswa Teknik Geologi ITB, Rio, Fernaldy Sebastian Santoso, dan Betari Ayu Pramita; juga Geo-log (Geology Challenge) yang dirajai oleh Rio, Fernaldy, dan Zaky indra Putra Ramita.

Untuk memenangkan kategori Showcase, Rio dan kawan-kawan memilih pemetaan sebagai tema karya yang akan dibawakan. Mereka memetakan secara khusus persebaran dan rembesan gas dangkal di pesisir timur Sidoarjo, juga berbagai jenis faktor geologi yang mengontrol pola persebaran tersebut.

Dilansir dari laman ITB, Senin (4/11/2017), penyajian paper yang sederhana dan dapat dimengerti oleh berbagai disiplin ilmu menjadi poin yang menghantarkan mereka menjadi juara pertama mengalahkan negara-negara lain.

Meskipun keikutsertaan mereka pada kompetisi ini sempat terkendala secara finansial, mereka dan segenap civitas academica Program Studi Teknik Geologi ITB terus mengusahakan yang terbaik, sampai meraih gelar juara. Rio berharap, ITB terus mendukung mahasiswanya dalam berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini