Kedatangan Tamu Istimewa, Pesawat Pembom Rusia Berjuluk 'Bear' Mendarat di Indonesia

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 05 Desember 2017 22:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 18 1825776 kedatangan-tamu-istimewa-pesawat-pembom-rusia-berjuluk-bear-mendarat-di-indonesia-6uXEj4QoEZ.jpg Pesawat pembom Rusia. (Foto: Rossiskaya Gazeta)

JAKARTA - Indonesia patut berbangga hati karena kedatangan tamu istimewa. Pasalnya 2 pesawat pembom strategis Angkatan Udara Rusia, Tu-95MS dan dua pesawat IL-76MD dilaporkan menunjungi tanah air. Sumber militer menyatakan, pesawat tersebut terbang langsung dari pangkalan udara di wilayah Amur, Rusia Timur ke Bandara Biak, Papua.

Berdasarkan informasi yang diterima Okezone dari Mahasiswa Candidatar PhD Institue Puskin, Supian, Selasa (5/12/2017), informasi tentang kedatangan pesawat pembom Rusia ini diketahui melalui siaran pers Kementerian Pertahanan Rusia pada 5 Desember 2017.

Tu-95MS diketahui merupakan tipe tipe pesawat pengangkut rudal jelajah jarak jauh. NATO bahkan menjuliki pesawat tersebut dengan dengan nama "Bear". Model dasar pesawat pembom strategis Tu-95dikembangkan di Biro Desain Pesawat Tupolev dan mulai diperkenalkan pada 1955 dan mulai diproduksi pada 1981.

 Pesawat pembom milik Rusia. (Foto: Rossiskaya Gazeta)

Di masa Uni Soviet, pesawat ini diproduksi di pabrik pesawat Aviacor Kuibyshev, Samara. Tu-95MS memiliki panjang sekira 50 meter, dan lebar sayap yang sama. Berat maksimum take-off mencapai 185 ton. Pesawat pembom ini merupakan salah satu pesawat bermesin propeler tercepat, mampu mencapai kecepatan maksimal 830 kilometer per jam.

Menurut para ahli, Tu-95MS memiliki kemampuan diperlengkapi senjata rudal dan peralatan baru yang lebih efektif. Selama penerbangan, pesawat Tu-95MS melakukan pengisian bahan bakar di udara dari pesawat tanker IL-78 di atas Samudra Pasifik.

Pihak Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan bahwa penerbangan tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan internasional, tanpa melanggar wilayah udara dan perbatasan negara-negara lain.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini