nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kirab Pemuda, 10 Ribu Warga Bacakan Kitab Suci Serentak di Blitar

Zen Arivin, Jurnalis · Selasa 05 Desember 2017 22:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 05 519 1825766 menengok-akar-budaya-yang-kuat-di-kabupaten-blitar-2lpSEODL51.jpg

BLITAR - Sekira 10 ribu pemuda mengikuti Kegiatan Gerakan Membaca Kitab Suci di Kampung Coklat Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Senin 5 Desember 2017. Kegiatan dari rangkaian Puncak Kirab Pemuda 2017 ini bertujuan untuk menanamkan nilai nilai spiritual dalam bingkai keberagaman bagi generasi anak muda.

Dalam Gerakan membaca kitab suci ini setiap perwakilan dari masing masing agama membacakan kitab suci dihadapan para peserta secara bergantian. Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci di Kabupaten Blitar ini juga tercatat dalam rekor Muri sebagi Gerakan Membaca Kitab Suci dengan jumlah peserta terbanyak.

Rangkaian membaca kitab suci juga merupakan garis akhir dari Kirab Pemuda 2017 setelah hampir tiga bulan mengelilingi berbagai wilayah di Nusantara. Blitar menjadi tempat singgah terakhir dari seluruh rangkaian kirab karena Kabupaten ini memiliki sejarah serta akar budaya yang kuat perjalanan bangsa Indonesia.

"Blitar memiliki potensi yang sangat luar biasa, nilai semangat perjuangan tokoh-tokoh besar seperti Raden Wijaya dan Bung Karno. Semangat mereka harus kita gunakan sebagai landasan untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, para pemuda harus memiliki semangat juang yang tinggi dan strategi yang hebat untuk dapat menjalankan kehidupan bernegara terutama bagi generasi muda," kata Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, saat menyambut peserta kirab di halaman Candi Simping, Kademangan, Blitar.

Melalui kegiatan napak tilas disejumlah tempat bersejarah di Kabupaten Blitar diharapkan peserta kirab dan generasi muda dapat ikut serta melestarikan dan mempelajari kekayaan warisan budaya bangsa dan menerapkan nilai nilai adiluhung nenek moyang.

"Budaya yang kita miliki harus kita jaga dan lestarikan, termasuk mengamalkan nilai nilai luhur bangsa sebagai modal perjuangan dan pembangunan Indonesia," harap Rijanto.

Kabupaten Blitar terkenal memiliki tempat tempat bersejarah yang berkaitan dengan perjalanan nusantara. Diantaranya Candi Simping yang berada di wilayah Kademangan, Blitar. Candi Simping Merupakan tempat dimana abu pendiri Kerajaan Majapahit dan penggagas Nusantara I Raden Wijaya didharmakan.

Selain Candi Simping, Blitar juga menjadi tempat pemakaman proklamator Indonesia Ir Soekarno. Rangkaian puncak Kirab Pemuda 2017 di Kabupaten Blitar dilaksanakan selama tiga hari 5-7 Desember 2017.

Selain menggali keindahan alam dan kekayaan budaya di Kabupaten Blitar, puncak acara kirab akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan hiburan, diantaranya, parade budaya, pemecahan rekor muri gerakan pemuda membaca kitab, serta pameran kreatif pemuda.

Sedangkan puncak acara pada 7 Desember akan ditutup oleh Menpora Imam Nahrowi dan dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini