Image

Ciptakan Alat Penetas dan Penentu Gender Penyu, Mahasiswa Indonesia jadi 'Bintang' di Korea

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 05 65 1825593 ciptakan-alat-penetas-dan-penentu-gender-penyu-mahasiswa-indonesia-jadi-bintang-di-korea-fi6sjCVFaM.jpeg Foto: Dok UB

JAKARTA – Wakil Indonesia dalam pameran bergengsi Seoul International Invention Fair (SIIF 2017), Tim Maticgator Universitas Brawijaya (UB) berhasil merebut perhatian Pemerintah Kroasia dan mendapatkan gelar Spesial Award Arca Medal dari Union Croatian Innovator dalam acara yang terselenggara di Seoul, Korea.

Mereka adalah  Teknik Mesin 2015, Muhammad Husni Mubarok bersama 3 rekannya Nicky Putra Pradana (Mesin 2015), Vani Dwi Febrian (Vokasi 2016), dan Yudha Akbar Budi W. (Vokasi 2016), yang tampil gemilang dengan inovasi Maticgator (Automatic Turtle Egg Incubator).

Alat ini berguna untuk membantu penetasan telur dengan menentukan gender jantan atau betina sebelum ditetaskan. Cara kerjanya adalah dengan mengtur suhu, sirkulasi udara, serta kelembapan di dalam alat inkubator.

Maticgator dapat digunakan di pesisir pantai karena memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi utama. Mengoperasikan alat ini juga mudah, yaitu dengan menekan tombol on dan mengklik pilihan gender, betina atau jantan.

Inovasi mahasiswa ini juga telah didaftarkan hak patennya di LPPM Universitas Brawijaya dan sudah diperjualbelikan ke beberapa kota di Indonesia, di antaranya Pantai Malang, Banyuwangi, dan Trenggalek.

Nurkholis Hamidi, S.T., M.Eng., Dr.Eng., selaku dosen pembimbing adalah sosok yang memberi arahan kepada Tim Maticgator mulai dari persiapan pendaftaran, perlengkapan lomba, hingga peralatan.

Ketua Tim Maticbator, Husni mengaku senang dan bangga mendapatkan pengalaman bersama teman-teman dari berbagai negara.

"Meskipun harus menggigil menyesuaikan suhu musim dingin Korea, kami excited sekali bisa bertemu ratusan inovator dari 30 negara dengan berbagai latar belakang ilmu memamerkan inovasinya di ajang bergengsi ini," tuturnya, seperti dilansir dari laman UB, Rabu (6/12/2017).

Husni juga mengungkapkan harapan kepada mahasiswa Fakultas Teknik untuk dapat berperan aktif pada kompetisi tingkat internasional, agar mengharumkan nama almamater.

Tidak lupa, ia ucapkan terima kasih kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT UB, Dr. Slamet Wahyudi, ST., MT.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan support, kepada dosen pembimbing, dan terutama kepada orang tua yang selalu mendoakan dengan ikhlas. Semoga semakin banyak penemuan anak bangsa yang masuk ke pasar internasional," tutupnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini