Malam Ini Sinabung Dua Kali Erupsi, Timbulkan Gempa Vulkanik

Erie Prasetyo, Okezone · Rabu 06 Desember 2017 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 06 340 1825787 malam-ini-sinabung-dua-kali-erupsi-timbulkan-gempa-vulkanik-VqFbduxZo4.jpg Gunung Sinabung. (Foto: Okezone)

MEDAN – Sejak seminggu terakhir aktivitas Gunung Api Sinabung terus meningkat. Bahkan hari ini, Sinabung kembali mengalami erupsi dengan menyemburkan abu vulkanis sebanyak tiga kali.

Kepala Pos PGA Sinabung Armen Putra mengatakan, erupsi pertama terjadi pagi hari. Namun, abu vulkanisnya tidak terpantau kamera karena tertutup kabut.

Erupsi kedua dan ketiga terjadi dengan rentang waktu berdekatan pada malam hari ini. Erupsi kedua terjadi pukul 22.34 dan ketiga 22.47 WIB.

(Baca: Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 2,3 Km)

Kedua erupsi tersebut mengakibatkan gempa vulkanik. Tetapi, abu vulkanis saat erupsi tidak teramati akibat tertutup kabut.

"Penyebab erupsi karena aktivitas di dalam gunung itu sendiri tinggi. Masyarakat diimbau jauhi zona merah dan hindari sungai yang bisa dilewati banjir lahar dingin," ujar Armen, Selasa (5/12/2017).

Ia menjelaskan, pihaknya terus memantau aktivitas Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, itu dari kamera CCTV dan Thermal Cam milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) - Badan Geologi.

"Kami imbau masyarakat jangan melakukan aktivitas di radius 7 kilometer dari puncak. Ikuti arahan BPBD yang akan melakukan sosialiasi," imbau Armen.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini