Image

Mahasiswa Teknik Kimia UGM Dinobatkan Menjadi Duta Wisata Nasional

Elva Mustika Rini, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 06 65 1826204 mahasiswa-teknik-kimia-ugm-dinobatkan-menjadi-duta-wisata-nasional-bnuu4cnkZH.jpg Foto: Dok UGM

JAKARTA – Di tengah kehidupannya sebagai mahasiswa, Indira Wibowo dari Prodi Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) mengemban tugas sebagai Duta Wisata Nasional berkat ajang pemilihan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, baru-baru ini.

Untuk memperoleh gelar tersebut, Indira harus melewati tahap seleksi yang dimulai dari tingkat kabupaten dan provinsi, hingga sampai pada tingkat nasional. DI sana, ia bersaing dengan duta wisaya perwakilan berbagai provinsi di Indonesia.

“Awalnya saya ikut di Klaten dan dapat juara 1, lalu di tingkat provinsi saya juga terpilih menjadi Mas dan Mbak Jawa Tengah. Tapi saya tidak menyangka akhirnya bisa terpilih jadi duta wisata Indonesia,” ujarnya, seperti dilansir dari laman UGM, Kamis (7/12/2017).

Kemenangan ini menjadi  hal yang tidak ia sangka, sebab pariwisata tidak terkait dengan ilmu yang dipelajarinya.

Keikutsertaan Indira dalam ajang duta wisata berawal dari niatnya mengenalkan pariwisata di daerah tempat tinggalnya. Indonesia, menurut dia, memiliki segudang potensi wisata yang belum dikenal masyarakat lokal dan mancanegara.

“Tempat wisata di Indonesia bukan hanya Bali. Di daerah-daerah lain masih banyak tempat wisata yang layak dikunjungi para wisatawan, dan saya ingin bisa mengenalkan itu,” imbuhnya.

Memenuhi tanggung jawab barunya, Indira mengajak generasi muda Indonesia untuk turut mengambil bagian sebagai duta wisata dengan cara masing-masing.

“Tidak perlu selempang atau gelar untuk menjadi seorang duta wisata. Kita masing-masing bisa mempromosikan potensi wisata yang ada di daerah kita sendiri,” tukasnya.

Meski harus menjalankan tugasnya dalam waktu dekat, Indira yang kini berada di semester 5 berkomitmen untuk tetap menjalankan studinya sebaik mungkin, beriringan dengan gelarnya sebagai duta wisata.

“Sebagai Duta Wisata, saya harus mengikuti banyak aktivitas di Bali, tapi saya memilih untuk tetap tinggal di Jogja agar bisa tetap kuliah, dan baru ke luar kota jika ada aktivitas yang harus saya ikuti,” tambahnya.

Ia berharap dapat menjadi ikon bagi muda-mudi yang peduli dengan pariwisata nasional agar jumlah wisatawan domestik dan mancanegara tahun mendatang bia terus bertambah.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini