Image

China Geram Drone India Jatuh di Perbatasan

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 19:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 18 1826917 china-geram-drone-india-jatuh-di-perbatasan-KF2NXc8qRb.jpg Pasukan keamanan China berjaga di wilayah perbatasan. (Foto: Reuters)

BEIJING – Pemerintah China menyampaikan kritik kepada India karena pesawat tak berawak (drone) mereka jatuh di wilayah Negeri Tirai Bambu. Insiden ini tentu dapat menyebabkan ketegangan bagi kedua negara yang berbatasan tersebut.

"Tindakan yang dilakukan India ini telah melanggar kedaulatan teritorial China. Kami mengungkapkan ketidakpuasan dan oposisi yang kuat," ujar seorang pejabat militer di komando zona barat China, Zhang Shuili, sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (7/12/2017).

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan China mengatakan bahwa pesawat tak berawak ini jatuh beberapa hari yang lalu. Namun, mereka tidak memberikan lokasi tepat di mana drone itu berada.

BACA JUGA: Duh! Drone Buatannya Ganggu Perjalanan KA, Pria di China Ditahan Polsuska

China pun mengaku akan mengambil tindakan lebih lanjut terkait drone tersebut. Tindakan tegas ini dilakukan pasukan pertahanan China demi mempertahankan kedaulatan dan keamanan di negaranya.

"Pasukan pertahanan perbatasan China mengambil sikap profesional dan bertanggung jawab dalam melakukan inspeksi terhadap perangkat tersebut," kata Zhang.

BACA JUGA: Didenda karena Main Drone, Pria Australia Bobol Kocek Rp10 Juta

Tak hanya itu, China juga mengajukan nota diplomatik kepada India terkait drone tersebut. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang.

"China meminta India untuk segera menghentikan aktivitasnya menggunakan pesawat tak berawak di dekat perbatasan. Kami meminta India untuk bekerja sama dengan China dalam menjaga perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan," ujar Shuang.

BACA JUGA: Astaga! Pesawat Penumpang Kanada Tabrak DroneSaat Akan Mendarat

Pihak India sendiri telah mengakui bahwa sebuah pesawat tak berawaknya telah melewati wilayah perbatasan dengan China saat tengah berlatih. Menurut seorang juru bicara militer India, Kolonel Aman Anand, penjaga perbatasan mereka langsung memberi tahu rekan-rekan di China setelah insiden itu terjadi.

Ketika itu, China telah telah memberi tahu tentara India letak pesawat tak berawak tersebut. Pihak berwenang di India pun saat ini tengah menyelidiki drone tersebut lebih lanjut.

"Masalahnya ditangani sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan," tutur Anand.

Peristiwa ini terjadi saat ketegangan di antara kedua negara mulai membaik. Saat KTT di China, pemimpin dari kedua negara bersepakat untuk menghentikan ketegangan di dataran tinggi Doklam yang terjadi pada tahun ini. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini