Image

Paripurna DPR Setujui Arief Hidayat Jadi Hakim MK Periode Kedua

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 16:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 07 337 1826813 paripurna-dpr-setujui-arief-hidayat-jadi-hakim-mk-periode-kedua-yQU09cyPvt.jpg Arief Hidayat saat menjalani fit and proper test sebagai calon hakim MK. (Foto: Antara)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar Sidang Paripurna ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2017-2018. Selain menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto, forum juga menyetujui Arief Hidayat menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode kedua.

Pimpinan sidang yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon mempersilahkan Wakil Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan untuk menyampaikan laporannya.

Trimedya menjelaskan, keputusan Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus DPR RI tanggal 12 Oktober 2017 menugaskan Komisi III untuk melakukan pembahasan terhadap berakhirnya masa jabatan Hakim Konstitusi Arief Hidayat yang jatuh pada 1 April 2018.

"Berdasarkan keputusan Rapat Internal Komisi DPR RI tanggal 16 November 2017, disepakati mengundang Arief Hidayat untuk ditanyakan kesediannya dicalonkan kembali menjadi Hakim MK untuk masa jabatan 2018-2023," kata Trimedya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Lalu, pada tanggal 20 November 2017, Komisi III DPR melaksanakan rapat pleno untuk menanyakan kesediaan Arief Hidayat dicalonkan kembali menjadi Hakim MK. Arief pun menyampaikan kesediaannya untuk dicalonkan dan dipilih kembali menjadi Hakim MK untuk masa jabatan 2018-2023

Selanjutnya, berdasarkan hasil keputusan rapat pleno dimaksud, juga disepakati akan melakukan uji kelayakan terhadap Arief Hidayat dalam bentuk panel dengan mengikutsertakan tim pakar atau ahli. Akhirnya, pada Rabu 6 Desember 2017 dilaksanakanlah fit and proper test kepada yang bersangkutan dalam bentuk panel dengan mengikutsertakan pakar atau ahli, yakni: Runtung Sitepu, Syamsul Bachri, Maruarar Siahaan dan Hesti Anniwulan.

"Setelah Uji Kelayakan dan Kepatutan selesai, Komisi III DPR RI memberikan waktu kepada Tim Pakar atau Ahli untuk memberikan penilaian yang akan disampaikan kepada Komisi III DPR RI secara tertulis sebagai bahan pertimbangan bagi Komisi III DPR RI dalam memberikan persetujuan," terang Trimedya

(Baca juga: Tawa Calon Tunggal Hakim MK Arief Hidayat Saat Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan)

Selanjutnya, sambung dia, Komisi III DPR RI mengadakan rapat pleno guna mendengarkan pendapat dan pandangan fraksi-fraksi terhadap pencalonan Arief Hidayat. Dari 10 fraksi yang hadir, 9 fraksi menyetujui Arief untuk dipilih kembali menjadi Hakim MK untuk masa jabatan 2018-2023.

 "1 fraksi yaitu Gerindra tidak memberikan pendapat," ungkap Trimedya.

Maka, berdasarkan pandangan fraksi-fraksi tersebut, Komisi DPR RI menyetujui Arief Hidayat untuk dipilih kembali menjadi Hakim Konstitusi untuk masa jabatan 2018-2023.

Usai pembacaan laporan, pimpinan sidang kemudian menanyakan persetujuan anggota dewan terkait hasil fit and proper test tersebut. Para anggota menyetujui secara serempak.

 "Setujuuuuu," ucap para anggota.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini