Image

Antisipasi Pilot Nyabu, Kemenhub Minta Seluruh Air Kru Lion Air Diperiksa

Chyntia Sami B, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 18:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 337 1826893 antisipasi-pilot-nyabu-kemenhub-minta-seluruh-air-kru-lion-air-diperiksa-Z9lNgEsYII.jpg

TANGERANG - Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso menginstruksikan kepada pihak maskapai Lion Air untuk melakukan pemeriksaan urine terhadap seluruh air crew maskapainya.

Hal tersebut menyusul ditangkapnya oknum pilot saat sedang 'nyabu' di kamar T-more Hotel Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Senin 4 Desember lalu.

"Saya minta kepada pihak maskapai untuk menscreening pilot-pilot nya, dalam hal ini untuk disempurnakan samplingnya. Ini sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada para penumpang," ujar Agus di Tangerang, Kamis (7/12/2017).

(Baca Juga: Pilot Lion Air Kedapatan Asyik Nyabu di Kamar Hotel Kupang)

Agus pun menjelaskan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada maskapai jika memang kembali ditemui adanya pilot yang positif menggunakan narkotika berupa pencabutan lisensi.

"Nantinya apakah hasilnya recovery atau tidak, setelah itu baru kemudian kami putuskan untuk mencabut lisensi nya atau tidak. Tapi untuk sekarang sudah kami lakukan unfit kepada yang bersangkutan," tuturnya.

(Baca Juga: Lion Air Pastikan Penerbangan Tak Terganggu Pasca Pilot Tertangkap Nyabu)

Sebagaimana diketahui, oknum pilot yang diamankan saat sedang nyabu adalah Maesa yang merupakan pilot senior maskapai Lion Air bernomor JT924. Maessa diamankan oleh petugas Satresnarkoba Polres Kupang Kota di T-more Hotel Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Senin 4 Desember lalu. Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti sabu bekas pakai seberat 0,3 gram.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini